SUARA USU
Sosok

Ars Vita Alamsyah, Wanita Indonesia pertama yang Menjadi Engineer di Space X

Oleh: Michelle Chika

Suara USU, Medan. Akhir-akhir ini sosok wanita asal Indonesia yang bernama Ars-Vita Alamsyah menarik perhatian publik dikarenakan pencapaiannya yang dapat bekerja di Space X, Hawthorne, California, perusahaan dirgantara milik Elon Musk. Dari kecil Ars-Vita Alamsyah sudah tertarik dengan bagaimana sesuatu dirakit dan dibuat, Kakek nya yang merupakan seorang insinyur mesin adalah orang dibalik terinspirasi nya Ars-Vita Alamsyah untuk mengejar cita-cita sebagai seorang insinyur mesin.

Sebelum mendapatkan pekerjaan tersebut, Ia telah menempuh pendidikan S1 di University of Maryland jurusan Mechanical Engineering tahun 2015. Saat menjadi mahasiswa, Ia aktif dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial seperti Society of Women Engineers. Ia kemudian berhasil menyelesaikan kuliahnya pada tahun 2017 dengan gelar Bachelor of Science. Tidak berhenti sampai di sana, Ars-Vita kemudian melanjutkan pendidikannya ke Program Magister S2 di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dengan jurusan Supply Chain Management dan lulus tahun 2021 lalu.

Ars-Vita Alamsyah ingin menjadi bagian dari inovasi besar agar dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks untuk melihat perkembangan tekonologi maju. Ia mengakui bahwa industri aerospace masih didominasi oleh kaum lelaki, satu kunci utama menurut Ars-Vita agar meyakinkan bahwa dirinya mampu memberikan hasil yang baik adalah “kepercayaan diri” bahwasannya pekerjaan yang dilakukannya setara dengan karyawan lelaki lainnya.

Rasa percaya diri ini juga direpresentasikan Ars-Vita sebagai kamun Muslim berhijab yang bekerja di Amerika, Di tengah maraknya kasus diskriminasi yang sedang melanda Ia tidak takut dengan perbedaan akan hal itu. Alasannya sangat sederhana, karena Ia juga tidak membeda-bedakan orang lain dari perspektif tersebut dan sebaliknya Ia berharap orang lain tidak membeda-bedakannya karena perbedaan tersebut.

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Benefit Menjadi Mahasiswa Berprestasi

redaksi

Mengenal Andrew Kalaweit, Tarzan Kalimantan Penyelamat Satwa Liar

redaksi

Fevin Bawa Pulang Perunggu KNMIPA 2021: Ini Anugerah Tuhan

redaksi