SUARA USU
Kabar Kampus

Berinovasi Lewat Desain Kapal Ikan, Tim SABUT USU Berhasil Raih Juara Tiga pada Event Marinesia 2022

Reporter: Inneke Kiki Rizki

Suara USU, MEDAN. Kabar gembira datang dari Tim SABUT USU yang berhasil meraih juara tiga umum dari 16 tim untuk kategori Lomba Inovasi Desain Kapal Ikan (BISEANG) pada event Marinesia 2022 dengan topik Innovation Technology For Marine Fisheries yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin tanggal (20/5).

Tidak hanya itu, Tim SABUT USU yang terdiri dari Morgan Lucky Rise Siregar, Christian Kevin Immanuel Simarmata dan Rainold Fieter Pasaribu yang berasal dari prodi Teknik elektro stambuk 2020 ini juga memproleh posisi kedua pada kategori tahap kapal cepat (race).

Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh Tim SABUT USU, yakni tahap essai, proposal, presentasi dan tahap race. Kemudian dari keempat tahap ini mereka berhasil memperoleh 1517 point.

Mengenai ide yang mereka ajukan, Morgan menjelaskan bahwa ide itu mereka tuangkan melalui inovasi-inovasi yang mereka ajukan.

“Ide itu kami tuangkan lewat inovasi-inovasi yang kami ajukan, jadi kami terapkan pada prototype kapal kami, inovasi yang kami gunakan seperti sensor pemilah ikan dan berat ikan, fish finder, dan penggunaan solar panel sebagai bahan bakar pembantu dari kapal.” Tutur Morgan.

Morgan menambahkan bahwa sebelum mengikuti lomba tentunya ia dan tim telah melakukan persiapan yang matang. Tetapi terjadi kendala saat pembuatan kapal dikarenakan mereka sedang mengikuti kegiatan praktikum sehingga mereka dituntut untuk membagi waktu dan memaksimalkan kedua kegiatan tersebut. Tidak sampai di situ, Morgan juga menjelaskan ada kendala lainnya yakni mengenai dana yang tak kunjung diproses karena tertunda libur hari raya.

“Kami juga mengalami kendala di pendanaan dimana proses pengajuan proposal-proposal tertunda akibat libur hari raya, juga sampai menjelang 2 hari sebelum keberangkatan, dana bantuan untuk keberangkatan belum ada yang cair,” ujarnya.

Morgan menjelaskan bahwa mereka hampir bimbang, namun di momen yang krusial itu mereka dibantu oleh IATE (Ikatan Alumni Teknik Elektro) untuk mengatasi permasalahan pembiayaan baik dari pemberangkatan hingga akomodasi di sana, sehingga mereka dapat berangkat ke Makassar untuk mengikuti perlombaan.

Morgan dan tim mengungkapkan bahwa ini merupakan perlombaan pertama yang diikuti oleh mereka. Morgan juga melanjutkan bahwa motivasi mengikuti perlombaan ini tentunya ingin mendapatkan pengalaman agar mereka berkembang ke arah yang lebih maju, dan bisa dikatakan juga untuk event-event lain dimana mereka bisa berkontribusi untuk Tim SABUT USU dan membawa nama USU ke ajang perlombaan lainnya.

Di akhir wawancara Morgan mengungkapkan pesan dan harapannya kepada mahasiswa/i USU. Morgan dan tim berharap agar mahasiswa berani mencoba dan menikmati proses yang ada, jangan menyerah dan tetap mengharapkan semuanya kepada Tuhan.

“Untuk kegiatan apapun yang melibatkan pemikiran-pemikiran mahasiswa/i sebaiknya mendapatkan dorongan yang kuat dari kampus maupun organisasi sebagai wadah mahasiswa/i yang ingin berkarya, karena pemuda-pemudi yang berani berkarya lah yang dapat menjadi pendongkrak bangsa.” Tutupnya.

 

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Memasuki Sosialisasi Hari Kedua, Mari Intip Persiapan PEMIRA FT USU!

redaksi

Wajah Baru Jalan Dr.Mansyur

redaksi

KOMPAS USU Hijaukan Hulu Sungai Deli

redaksi