SUARA USU
Beasiswa Kabar Kampus

Berita Baik! Beasiswa VDMI Buka Registrasi

Sumber foto: instagram.com/ditmawalumni.usu

Reporter: Katrin Alina, Deva Junita Graciela Simanjuntak

Suara USU, Medan. Berawal dari gagasan Ibu Elizabeth Maas pada tahun 1947, kini Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (YVDMI) telah menjadi pilar penting dalam mendukung pendidikan masyarakat Indonesia. Dengan menggabungkan upaya dengan Yayasan Tjandi dan Van Deventer Stichting, serta adaptasi dari Yayasan Kartini, YVDMI terus melanjutkan warisan mereka. Coen van Deventer, pendorong utama di balik YVDMI, menekankan pentingnya mengatasi ketimpangan ekonomi dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berbakat dan berprestasi serta memiliki latar belakang ekonomi yang kurang mampu.

Pendaftaran untuk Beasiswa VDMI dibuka mulai 10 Februari hingga 10 Maret 2024. Beasiswa ini dapat dinikmati mulai dari semester dua hingga akhir masa studi sesuai dengan standar pendidikan (contohnya, S1: semester ke-2 hingga ke-8). Pengecualian diberlakukan jika penerima tidak dapat mempertahankan prestasi (IPK < 3.00), mengambil cuti, tidak mengkonfirmasi penerimaan dana, atau tidak memberikan laporan dalam periode tertentu.

Kriteria Penerima:

  1. Mahasiswa aktif USU S1 dan D4 semester 2-6 dan mahasiswa D3 semester 2-4
  2. Usia maksimal 27 tahun
  3. Berasal dari keluarga tidak mampu (dibuktikan dengan SKTM)
  4. IPK ≥ 3.00
  5. Aktif berorganisasi atau di komunitas diutamakan
  6. Fasih berbahasa inggris diutamakan
  7. Tidak sedang menerima beasiswa lain

Besaran Beasiswa dan Manfaat:

  1. Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) akan dibayarkan langsung ke rekening pribadi penerima beasiswa setiap bulan pada tanggal yang sama (kecuali apabila tanggal tersebut jatuh pada akhir pekan/libur).
  2. Satu kali Bonus TOEFL (jika ada) sebesar Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah) dan Bonus Lulus Tepat Waktu (S1/D4 sebesar Rp. 700.000,- dan D3 sebesar Rp. 700.000,)
  3. Mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building) melalui proses seleksi yang semua biaya pelatihan ditanggung oleh Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia.

Pendaftaran beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia harus dilakukan secara online melalui ers.vdms-scholarship.org. Bagi sobat USU yang berhasil lolos Tahap Pertama, segera kumpulkan berkas asli sesuai dokumen persyaratan di dalam map merah dan antarkan ke Kantor DITMAWALUMNI USU pada jam kerja, mulai tanggal 12 sampai 15 Maret 2024.

Dokumen Persyaratan Meliputi:

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)/ Surat keterangan Kondisi Ekonomi yang dikeluarkan oleh Kelurahan atau Surat rekomendasi/referensi yang menerangkan kondisi ekonomi Anda dari Universitas (Rektor/Dekan/Ketua Program Studi)
  2. Slip gaji resmi orangtua/wali dari institusi pemerintah atau swasta (apabila kedua orangtua/wali bekerja, harap melampirkan slip gaji keduanya, maksimum 2 bulan terakhir)

atau

Surat Keterangan Pekerjaan dan penghasilan orangtua/wali, yang ditandatangani oleh orangtua/wali mahasiswa yang bersangkutan (di atas materai) dan disahkan oleh pihak Kelurahan.

  1. Transkrip terakhir dengan nilai IPK terbaru
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy KTM
  4. Foto copy Kartu Keluarga
  5. Foto copy halaman depan buku bank atas nama mahasiswa sendiri
  6. Foto copy Tagihan Listrik/Telepon Rumah Domisili (maksimum 2 bulan terakhir)

Atau surat keterangan biaya penggunaan Listrik yang disahkan oleh pihak kelurahan.

  1. Essai dalam Bahasa Inggris yang menerangkan :
  • mengenai diri sendiri, keluarga, studi, kegiatan keorganisasian dan prestasi (jika ada).
  • apa yang diketahui tentang Van Deventer-Maas Indonesia
  • mengapa VDMI harus memilih Anda untuk mendapatkan beasiswa?
  • apa yang Anda harapkan apabila Anda terpilih menjadi penerima beasiswa VDMS ?
  • apa yang Anda dapat diberikan kepada lingkungan dan masyarakat setelah Anda selesai menerima beasiswa dan lulus kuliah?
  • (Minimum 1,5 halaman A4, Font: Palatino Linotype, Ukuram 11, Spasi 11)

Untuk info lebih lanjut, sobat Suara USU dapat mengakses instagram @ditmawalumniusu dan tautan berikut https://bit.ly/dokumenbeasiswaYVDMI24

Redaktur: Afrahul Fadhillah Parinduri

Related posts

Adakan Pelantikan Pengurus UKM Studi Pedesaan, Ketua Berharap Mampu Berikan Prestasi Terbaik

redaksi

Lima Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Bisnis USU Laksanakan Magang di PT Telkom Pematang Siantar

redaksi

USU OPEN 2022: Kompetisi Debat Bergengsi Berskala Nasional Kembali Diselenggarakan

redaksi