Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Bersiap Siaga, Ujian Akhir Semester Resmi Dimajukan

Oleh: Muhammad Fadhlan Amri
Suara USU, MEDAN. Universitas Sumatera Utara lewat surat edaran Nomor: 6044/UN.5.1.R1/SPB/2021 resmi merevisi jadwal Ujian Akhir Semester untuk para mahasiswanya.

Hal ini juga dikonfirmasi langsung oleh Wakil Rektor I USU, Edy Ikhsan.

Dosen Fakultas Hukum itu juga menjabarkan beberapa sebab mengapa Ujian Akhir Semester (UAS) itu dipercepat pelaksanaannya.

Terkait jadwal UAS Semester Genap TA 2021, ada beberapa penjelasan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I, diantaranya sebagai berikut:

1. Sesuai kalender akademik T.A 2020/2021 jadwal perkuliahan dilaksanakan 14 Minggu dan 2 minggu UTS dan UAS karena pada tahun 2020/2021 awal perkuliahan dilaksanakan pada bulan September 2020 Jadwal terlampir. Jadi kita sebenarnya menyesuaikan saja kepada situasi dan Jadwal yang ada.

2. Selanjutnya kita sudah menjadwalkan perkuliahan semester antara dilaksanakan 8 Minggu mulai 21 Juni s.d 13 Agustus 2021 sudah termasuk UTS dan UAS.

3. Perkuliahan semester ganjil T.A 2021/2022 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2021 masa perkuliahan selama 16 Minggu. Dengan demikian kita bisa mengakhiri UAS Semester Ganjil 2021/2022 di minggu-minggu terakhir bulan Desember (jadwal menyusul).

“Jadi tidak lagi seperti yang lalu-lalu, UAS semester ganjil baru bisa dilaksanakan di bulan Januari,” jelasnya.

Edy menjelaskan bahwa jadwal ini sangat ketat dan merupakan kesepakatan dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH)

“Jadwal ini sangat ketat sekali apalagi ada kesepakatan dari seluruh PTNBH untuk memulai kuliah semester ganjil TA 2021/2022 secara serentak di tanggal 16 Agustus 2021, terkait dengan dimulainya Kurikulum berbasis MBKM. Bl,” tambahnya.

Sebagai tambahan pihaknya juga memohon maaf apabila perevisian dan perubahan ini mengganggu jadwal yang sudah ada sebelumnya.

“Begitupun, kami mohon maaf jika ini dirasa mengganggu. Untuk mendapatkan 14 minggu tatap muka (daring) silahkan saja dilakukan modifikasi oleh bapak/ibu. Namun jadwal tersebut, kami kira sudah tidak dapat bergeser disebabkan alasan-alasan di atas,” tutupnya.

Redaktur: Yulia Putri Hadi

Related posts

JAGA KEDAULATAN BANGSA, BEM SI SUMBAGUT GELAR TALKSHOW INSPIRATIF

suarausu

Mahasiswa Papua di USU Menuntut Keadilan Terkait Kasus Rasisme

redaksi

Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa BBM 2020

suarausu