SUARA USU
Kabar Kampus

Bersinergi dengan Polda Sumut, KAM Bhinneka USU Ikut Menyukseskan Program Vaksinasi di Kota Medan

 

Reporter: Salsabila Rania Balqis

Suara USU, Medan. Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) Bhinneka Universitas Sumatera Utara ikut terlibat aktif dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi di kota Medan. Keterlibatan tersebut dapat dilihat dengan partisipasi 5 volunteer mahasiswa pada kegiatan vaksinasi dosis kedua yang berlokasi di Universitas Muslim Nusantara. Hal ini diungkapkan langsung oleh Jhon Sibarani selaku Sekjend KAM Bhinneka USU, Senin (6/9).

KAM Bhinneka USU telah melakukan open recruitment untuk menjaring para relawan
pada 16 Agustus lalu. Terdapat 66 jumlah mahasiswa telah mendaftar dan mengikuti pelatihan teknis lapangan pada tanggal 1 September. Pelatihan ini pun difasilitasi oleh Polda Sumut.

Kegiatan pelatihan teknis lapangan, Rabu (1/9) dipimpin langsung oleh Binsar Simatupang  selaku Kasubdit 4 Ditintel Polda yang dibantu oleh rekan-rekan kepolisian yang lainnya.

“Kegiatan volunteer yang dilakukan mahasiswa merupakan bentuk pengabdian masyarakat sesuai dengan tridarma perguruan tinggi,” ungkap Binsar Simatupang pada sesi pelatihan teknis lapangan.

Jhon Sibarani menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan rasa sosial kemanusiaan di tengah pandemi covid-19 ini. Saat ini tingkat permintaan terhadap vaksinasi cukup tinggi.

“Sangat dibutuhkan kontribusi aktif dan keterlibatan langsung mahasiswa dalam menyukseskan program vaksinasi terkhususnya di kota Medan,”  pungkas Jhon Sibarani.

Jhon sibarani mengatakan seluruh mahasiswa yang telah mendaftar dan mendapatkan pelatihan akan terlibat langsung menjadi volunteer vaksinasi secara bergantian, “semuanya harus disesuaikan dengan jadwal perkuliahan nya,” ujarnya.

Untuk mahasiswa yang belum dapat berpartisipasi langsung akan menunggu informasi kegiatan vaksinasi berikutnya, semua akan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga vaksinasi yang diperlukan Polda Sumut, pungkas Jhon Sibarani.

Moralina Margareta, salah satu volunteer yang turut berpartisipasi langsung dalam kegiatan vaksinasi, merasa sangat senang bisa mendapatkan kesempatan yang berharga dengan menjadi relawan vaksinasi di Universitas Muslim Nusantara untuk berkontribusi penuh dalam peningkatan rasio vaksinasi di Indonesia, terutama Kota Medan.

“Saya bersama 19 teman relawan lainnya menjadi tenaga administrasi yang bertugas untuk menginput data para peserta vaksinasi dan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar,” ujar Moralina.

Moralina mengungkapkan bahwa kegiatan volunteer ini merupakan pengalaman baru dan menjadi tantangan, karena harus terjun langsung ke lapangan untuk menghadapi masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat meningkatkan communication skills yang sangat berguna di masa depan.

“Harapannya dengan diadakannya kegiatan vaksinasi seperti ini, Indonesia bisa segera pulih dari pandemi COVID-19 agar masyarakat Indonesia bisa melakukan kegiatan seperti biasa tanpa ada kendala apapun,” ujarnya.

Kegiatan vaksinasi kemarin, juga ditinjau langsung oleh Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution selaku Walikota Medan dan Bapak Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra selaku Kapolda Sumatera Utara untuk melihat kondisi kegiatan vaksinasi yang sedang terlaksana.

 

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

IMIKS USU Adakan Webinar “Mengenal Kesejahteraan Sosial dan Strategi Jitu dalam Menghadapi Peluang dan Tatanan Dunia Kerja di Era Industri 4.0”

redaksi

Pelantikan Pengurus Baru HUASHAN FIB USU, Wujudkan Prodi Bahasa Mandarin sebagai Jurusan yang Unggul

redaksi

Siap Sambut Mahasiswa Baru, USU Akan Adakan PKKMB Selama 3 Hari

redaksi