SUARA USU
Kabar Kampus

Bertemakan Creating The Champion Essay, SGC USU Sukses Adakan Webinar

Oleh: Josephine C.L. Siahaan

Smart Generation Community (SGC) USU telah mengadakan webinar yang bertemakan, “Creating The Champion Essay”, yang dilaksanakan via zoom meeting pada Sabtu (3/9) dan dipandu oleh Anggita Wulan Sari sebagai moderator.

Webinar ini diawali dengan sesi pembukaan, doa, lalu kata sambutan oleh Awaluddin Siahaan, selaku Ketua Panitia. Ia menyampaikan harapan agar semua peserta bisa mendapat ilmu dari webinar ini dan menjadi mahasiswa yang berprestasi serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas nantinya.

Webinar ini terbuka untuk umum sehingga dihadiri oleh beberapa kalangan, baik mahasiswa maupun bukan mahasiswa. Kali ini SGC USU menghadirkan pemateri yang telah memenangkan beberapa lomba essay bergengsi tingkat nasional dan internasional, yaitu Taufik Akbar Saragih. Ia merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), jurusan Ilmu Teknologi Pangan, stambuk 2018.

Taufik membahas materi mulai dari perbedaan Essay dan KTI, kemudian dilanjutkan dengan bedah struktur essay yakni judul, pembukaan, isi, penutup, dan daftar pustaka. Ia juga membagikan tips dan trik dalam pembuatan essay.

Setelah memaparkan materi webinar, moderator membuka sesi Tanya jawab untuk 4 orang. Pertanyaan yang diajukan tidak jauh dari materi yang dipaparkan, namun di sela-sela penjelasannya, Taufik tidak lupa menyisipkan kalimat untuk memotivasi peserta.

“Kegiatan membaca atau membuat ide dalam sebuah essai itu memang tidak mudah dan kembali lagi ke orangnya. Mungkin awalnya kita melakukan itu semua atas dasar keterpaksaan, lalu kemudian menjadi kemauan hingga akhirnya kewajiban. Ingat, melalui berprestasi lah kita bisa membanggakan orang tua dan alasan ini jugalah yang bisa memacu adrenalin kita untuk memenangkan lomba,” tutur Taufik.

Disamping itu, Taufik juga membagikan beberapa akun instagram yang menyediakan info lomba essay. Tujuannya agar para pemula bisa mendapat info dan berlatih lebih banyak lagi. Sebagai penutup materi, Taufik berpesan jangan takut bermimpi dan memiliki keyakinan.

“Jangan pernah takut bermimpi, karena keyakinan adalah kunci utama dalam keberhasilan. Jika kamu gagal saat ini, coba lagi, gagal, coba lagi, habiskan semua jatah kegagalanmu saat ini agar kamu tidak menyesal dikemudian hari,” ucapnya.


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

KBSI Adakan Webinar, Angkat Pentingnya Pengorbanan untuk Tingkatkan Efektivitas Dalam Berorganisasi

redaksi

Angkat Tema Pemberdayaan Perempuan, Tim Pengabdian FISIP dan FKM USU Adakan Pelatihan Batik Jumputan

redaksi

Inflasi Mempengaruhi Pergerakan Nilai Tukar Mata Uang

redaksi