SUARA USU
Kabar Kampus

Bertemakan Sinergitas Peternakan, ISPI Sumut Gelar Webinar Nasional dan Pelantikan

Oleh: Kurniadi

Suara USU, Medan. Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) wilayah Sumatera Utara (Sumut), menggelar Seminar Nasional, bertajuk “Sinergisitas Antara Stakeholder Peternakan dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 di Sumatera Utara”.

Acara yang berlangsung pada Sabtu, (25/09) ini, dilakukan secara luring di Hotel Grandhika Medan dan daring melalui aplikasi zoom meeting.

Seminar ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Hasnudi, MS, Ketua Prodi Peternakan USU. Dalam sesi pemaparan webinar, drh. Yusranaria Panjaitan, MMA, perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut mengatakan bahwa Sumut perlu pengoptimalan check point peternakan, agar peredaran atau pengiriman ternak dapat dikontrol, “karena jika peredarannya terkontrol, maka penyakit dari luar daerah bisa dicegah. Dan juga, harus kita kuatkan lagi perihal integrasi sawit ternak, mengingat lahan di sumut khususnya lahan pertanian teramat luas,” kata Yusra.

Pemateri lain, Ir. Joko Susilo, S.Pt., IPM, Sekretaris Jenderal PB ISPI, memaparkan pentingnya penguatan asosiasi ISPI dan kerjasama berbagai bidang khususnya di bidang peternakan, “ISPI harus mencari solusi agar peternakan di Sumut dapat ekspor. Dan semua butuh kerjasama di berbagai bidang peternakan,” kata Joko dalam penyampaiannya.

Sementara itu, Dr. Ir. Nurzainah Ginting, M.Sc, Dosen Prodi Peternakan USU, turut membahas eco enzym sebagai solusi alternatif di bidang peternakan. Salah satunya dalam pengoptimalan pertumbuhan legum.
“Eco Enzym ini sangat banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk percepatan pertumbahan legum,” kata Nurzainah.

Di antara para peserta yang hadir, terdapat kalangan civitas akademika, peternak rakyat, pengusaha, juga mahasiswa peternakan.

Setelah sesi webinar, dilanjutkan pula prosesi pelantikan pengurus baru ISPI wilayah Sumut periode 2021-2025. Dalam pelantikan ini, Ir. Edhy Mirwandhono, M.Si MP dilantik menjadi Ketua Umum PW ISPI Sumut periode 2021-2026.

Dalam pidatonya, pria yang juga Dosen di Peternakan USU ini menyampaikan aspirasinya kepada organisasi. “ISPI ini bukan organisasi kecil. ISPI ini organisasi besar. Dan ada nahkodanya. Yakinlah saat kita bekerjasama, berlapang dada, dan bergandengan tangan, maka banyak pekerjaan besar yang bisa kita lakukan,” ujar Edhy yang dilantik bertepatan pada ulang tahunnya.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menanti Ujung Kisruh Pemira USU

redaksi

Tingkatkan dan Tumbuhkan Rasa Kesadaran, IMPM Kembali Adakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat!

redaksi

HMM USU Gelar Webinar Implementasi Konsentrasi Manajemen di Perusahaan

redaksi