SUARA USU
Kabar Kampus

Career Hallway 2.0: Membantu Partisipan Menemukan Jawaban atas Keraguan Mereka Terkait Pilihan Karier

Oleh: Aiesec In USU

Suara USU, Medan. Career Hallway merupakan acara yang diselenggarakan oleh AIESEC in Universitas Sumatera Utara dengan berfokus pada pengembangan karier dan membentuk kesadaran anak muda untuk mempersiapkan karier sejak dini. Setelah sempat vakum selama setahun, Career Hallway 2.0 sukses menggelar acara selama 2 hari yang berlangsung pada 1 dan 2 September 2023 dengan tema Crack the Code: Unlocking the Secrets Path to Accelerate YOUth’s Career Future”.

Pada hari pertama, berfokus membahas tips dan trik dalam merencanakan karier yang dituju, cara menghadapi tantangan dalam perkembangan karier sesuai dengan zaman, dan penggunaan Career Mapping seperti Ikigai, IDP, dan Smart Goals untuk membantu mengetahui potensi dan menyusun goals karier yang akan dituju.

Lukas Ambarita sebagai speaker di hari pertama berhasil membawa seluruh sesi dengan baik dan mengesankan. Setiap pengalaman karier yang beliau ceritakan mampu membangkitkan semangat dan membuka pikiran para pemuda akan pentingnya persiapan karier sejak awal. Setelah sesi yang menakjubkan, dilanjut dengan game singkat yang membuat partisipan terhibur.

Di hari kedua, terdapat 3 pembicara, yaitu Rifa Alya yang merupakan seorang Business Development Executive di Tokopedia, Aprial Syahputra selaku Founder dan CEO Bobabox, dan Yoga Doni Syahputra Simarmata selaku Analisis Kemigrasian Ahli Pertama pada Kantor Kelas I Khusus TPI Medan.

Di hari kedua, acara dikemas dalam bentuk talkshow yang dibawakan oleh Daffa Syahdana selaku moderator yang merupakan Most Outstanding Student at Universitas Sumatera Utara 2021. Pada hari kedua, berfokus untuk mengulik pengalaman pembicara yang bekerja pada bidang korporasi, pemerintahan, dan pengusaha. Ketiga pembicara memberikan pengalaman bekerja mereka. Pembicara juga membagikan tips dan trik bagaimana menentukan pilihan karier yang tepat untuk para pemuda.

Partisipan yang hadir dalam sesi luring turut mengikuti Campaign “Apa Karier Impianmu?” dengan menuliskan karier yang sesuai dengan keinginan mereka, supaya para partisipan mengingat dan percaya diri terhadap karier impian mereka selama pelaksanaan Career Hallway 2.0 berlangsung.

Salah satu agenda menarik dari sesi luring yaitu terdapat Tour & Networking Session di mana para partisipan secara berkelompok menghampiri stand partner yang telah disediakan oleh panitia untuk berbagi pengetahuan mengenai dunia pekerjaan atau organisasi perusahaan yang dihampiri dengan harapan memperluas wawasan dan koneksi.

Berikut beberapa tanggapan para peserta yang menghadiri Career Hallway 2.0

“Career Hallway keren banget sih acaranya, aku ga expect bakal semenyenangkan itu!!! Banyak informasi bermanfaat yang bisa ku ambil. Tapi bukan cuma itu, kegiatannya juga seru. Aku udah apply beberapa kegiatannya juga lho xixi, lumayan banget buat nambah pengalaman~ Thanks AIESEC USU yang udah ngadain Career Hallway 2.0 yang keren ini.” -Cindy Wijaya

“Yup! Acara Career Hallway dari AIESEC USU sangat berarti bagi saya, saya jadi tahu betapa pentingnya meng-upgrade dan mem-branding passion untuk karier. Pembicara juga membagikan rahasia karier dengan mengikuti passion. Saya sangat senang berada di sana karena bertemu banyak teman baru. Sangat membantu bagi mahasiswa karena menurut saya dalam acara tersebut para pembicara menjelaskan banyak hal mengenai dunia kerja dan kalian akan mengerti siapa diri kalian.” -Khesia Gading

Besar harapan untuk Career Hallway tetap diadakan kedepannya, untuk dapat terus mendukung peserta dalam mengatasi ketidakpastian mereka seputar pilihan karier.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Jaket Almamater USU 2020/2021 Ada Apa ?

redaksi

Inkonsistensi USU Dalam Keluarkan SK Rektor Tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal

redaksi

KPU USU: Kemenangan Aldo-Yoga Sesuai Prosedur

redaksi