SUARA USU
Entertaiment Film

Catatan Akhir Kuliah, Nostalgia Masa Kuliah dengan Sentuhan Komedi

Reporter: Putri Aisyah S

Suara USU, Medan. Catatan akhir kuliah merupakan sebuah film adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Sam Maulana, hadir dengan genre drama komedi yang segar dan menghibur. Film ini disutradarai oleh Jay Sukmo dan dibintangi oleh Muhadkly Acho, Ajun Perwira, dan Abdur Arsyad. Film keluaran tahun 2015 ini hadir sebagai nostalgia masa kuliah yang penuh kenangan juga kegembiraan saat masa perkenalan mahasiswa baru dan menjadi sebuah persahabatan yangg akan menjadi catatan akhir kuliah yang manis.

Film ini berpusat pada kisah tiga sahabat yang bernama Sam, Sobari, dan Ajeb. Ketiga orang ini menempuh bangku kuliah di jurusan yang sama. Mereka bertiga memiliki satu mimpi untuk mewujudkan wisuda bersama-sama. Namun seperti kata pepatah, manusia hanya bisa berencana, tuhan yang menentukan. Pada semester akhir, Sam dihadapkan pada berbagai rintangan, ternyata hanya Sam yang belum menyelesaikan tugas akhir kuliah sarjana atau lebih dikenal dengan skripsi.

Kesedihan Sam semakin komplet saat mengetahui kalau Kodok, orang yang dikaguminya ternyata sudah memiliki pacar. Pengalaman cinta ditolak seperti terulang kembali seperti saat Sam menembak Wibi, yang memilih setia dengan kekasihnya di kampung halaman. Sementara kedua sahabatnya, Ajep dan Sobari berhasil menyelesaikan skripsi mereka dan lulus terlebih dahulu. Sam kesal dan merasa malu, ia bahkan mulai menjauh dari kedua sahabatnya itu. Terlebih saat ini Sam sudah memasuki semester terakhir ia harus lulus dan menyelesaikan skripsi jika tidak ingin di Drop Out (DO). Sam berada di titik terbawah hidupnya dan ia harus berjuang menyelesaikan semuanya termasuk skripsi nya.

Film ini bisa disebut sebagai film berbentuk skripsi pertama di Indonesia karena disusun layaknya sebuah skripsi dan memiliki beberapa bab yang sesuai dengan kerangka skripsi, mulai dari bab pendahuluan sampai dengan daftar pustaka sebagai penutup. Meski terkesan serius, film ini sebenarnya bisa dinikmati oleh semua kalangan, baik mahasiswa yang sedang mengenang skripsinya, anak SMA yang penasaran dengan dunia perkuliahan, maupun lulusan baru yang ingin bernostalgia. Film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pesan moral tentang pentingnya persahabatan, kegigihan, dan pantang menyerah dalam mencapai mimpi.

Catatan Akhir Kuliah dikemas dengan gaya yang ringan dan relatable bagi para mahasiswa. Perjuangan Sam dalam menyelesaikan skripsinya, lika-liku percintaannya, dan persahabatannya dengan Sobari dan Ajeb digambarkan dengan apik dan penuh humor. Tentang Sobari dan Ajeb yang dengan senang hati mendukung Sam dalam pengerjaan skripsinya. Film ini mampu membawa penonton bernostalgia dengan masa-masa perkuliahan yang penuh dengan suka dan duka.

Redaktur: Fathan Mubina


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Niki – High School in Jakarta, Nostalgia Masa SMA di Jakarta

redaksi

Film No Time to Die: Penutup Epik Daniel Craig sebagai James Bond

redaksi

Album ‘Merakit’: Langkah Kedua Dari Perjalanan Karier Seorang Yura Yunita

redaksi