SUARA USU
Kabar SUMUT

Digitalisasi Marketing Bisnis Papan Bunga ZZ Florist



Oleh: Laila, Tiara, Putri, Wildan, Nurul, Nabila, dan Zahwa

Suara USU, Medan. Bagi masyarakat di Indonesia, papan bunga merupakan wujud ungkapan rasa bahagia atas perkawinan, kelahiran dan perayaan lainnya serta duka cita. Biasanya, pemilik usaha mencantumkan nama bisnis beserta nomor telepon dibawah papan bunganya sebagai bentuk promosi usaha. Jangkauan promosi seperti ini hanya sebatas orang yang melewati atau dari mulut ke mulut saja.

Digitalisasi marketing dapat membantu konsumen menemukan usaha kita, serta berinteraksi baik melalui sosial media, website, dan media lainnya.

Sebagai mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara, kelompok 3 mata kuliah Isu Bisnis yang beranggotakan 7 orang yakni: Laila (012), Tiara (048), Putri (080), Wildan (084), Nurul (088), Nabila (092), dan Zahwa (098) mengaplikasikan ilmu perkuliahannya dengan membantu UMKM melakukan digitalisasi. Salah satunya ZZ Florist.

ZZ Florist merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang jasa penyewaan karangan bunga yang beralamat di Jl. H.T. Rizal Nurdin, No. 28, Kec. Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Berdiri pada tahun 2015, ZZ Florist menyediakan papan bunga berbagai ukuran dengan aneka bunga tiruan.

Gambar 1 Foto dengan pemilik ZZ Florist
Irma, selaku pemilik ZZ Florist dengan senang hati menerima tawaran kami untuk mendigitalisasi promosi bisnis papan bunganya yang selama ini dilakukan secara konvensional.

Pertama-tama, kami membantu ZZ Florist mengidentifikasi pelanggan yang menjadi target ideal. Setelah itu, kami member pelatihan pembuatan website, instagram dan whatsapp bisnis.

Instagram berfungsi sebagai bukti historis pelanggan-pelangan yang telah melakukan pemesanan. Dengan harapan, meningkatkan kepercayaan pelanggan baru untuk memesan papan bunga di ZZ Florist. Dalam bio Instagram tersebut, dicantumkan alamat web serta nomor telepon untuk memudahkan melakukan pesanan. Alamat Instagram ZZ Florist yakni https://www.instagram.com/zz.florist_/
Website berfungsi jika target konsumen melakukan pencarian dalam browser. Berisi informasi usaha, nomor yang dapat dihubungi, serta alamat lengkap lokasi usaha. Berikut gambar tampilan website ZZ Florist:

Gambar 2 Website ZZ Florist
Terakhir, whatsapp bisnis adalah hal paling penting. Di dalamnya tercantum katalog dan pelanggan dapat berkomunikasi langsung dengan penjual untuk melakukan pemesanan.
Melalui pelatihan digitalisasi marketing ini, kami berharap ZZ Florist dapat menjangkau pelanggan lebih luas. Dan untuk bisnis papan bunga lainnya, digitalisasi marketing bisa dijadikan pertimbangan pengembangan usaha.


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dalam Rangka Dies Natalis Ke-30, FKM USU Adakan Pengabdian Program Penghijauan

redaksi

“Ramadhan One for All”- APM SUMUT, Mempererat Persaudaraan Pers Mahasiswa di Sumatera Utara

redaksi

PEMA USU Jadi Penyelenggara Rapat Kerja Wilayah Badan Eksekutif Mahasiswa Sumatera Bagian Barat dan Utara

redaksi