SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Dua Mahasiswa USU Torehkan Prestasi Lewat Duta Genre Provinsi Sumatera Utara 2022

Reporter: Puvut Bethanya Surbakti

Suara USU, MEDAN. Acara puncak pemilihan Duta Genre Provinsi Sumatera Utara 2022 sukses diselenggarakan di Hotel Grand Mercure, Medan (26/3). Dua mahasiswa USU berhasil meraih gelar juara serta dinobatkan menjadi Duta Genre Sumut 2022, yakni Shanaz Salsabila Al Zamru (FH/2020) sebagai Runner Up 1 dan M. Raihan Efdin Hasyim (Fasilkom-TI 2020) sebagai Runner Up 2.

Pemilihan Duta Genre Provinsi Sumatera Utara merupakan ajang tahunan yang rutin dilaksanakan. Program dari BKKBN (Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional) ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada para remaja tentang perencanaan dan penyiapan kehidupan berkeluarga. Para Duta sebagai Genre berkontribusi untuk melakukan penyuluhan dan menyampaikan materi-materi tentang Genre serta turut menjadi fasilitator membantu program kerja daripada DPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) di kabupaten dan kota masing-masing dari para duta.

Meskipun sudah beberapa kali mengikuti kompetisi serupa, kedua Mahasiswa ini tetap mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir dengan penuh antusias sampai pada akhirnya membawa kemenangan di tiga besar. Tidak hanya sekedar sebuah ajang kompetisi, lebih dari  itu kegiatan ini menjadi wadah mereka untuk mengembangkan diri.

“Untuk menjadi top 50 kemarin tidak ada kendala, Alhamdullilah persiapannya saya rasa sudah cukup matang, selama di karantina ini kita seperti saudara, saling belajar dan berbagi pengalaman bagaimana kegiatan Genre mereka di kabupaten asal,” ucap Shanaz.

Hal yang sama juga dilontarkan oleh M. Raihan. Ia menyebut bahwa tidak ada kendala selama mengikuti kegiatan maupun kompetisi tersebut, semua berjalan dengan lancar.

Selain itu, kedua pemenang ini juga berbagi cerita terkait manfaat apa yang mereka dapat selama mengikuti kegiatan Genre, dengan harapan semakin banyak Mahasiswa USU yang berminat untuk turut serta menjadi duta dan fasilitator untuk mengedukasi remaja di lingkungan mereka.

“Manfaat yang saya rasakan khususnya sebagai mahasiswa adalah saya banyak berproses, mendapat banyak pembelajaran seperti public speaking, menempatkan diri sebagai fasilitator, dan motivator,” ungkap Shanaz.

Selain itu Shanaz juga menambahkan sebagai Duta Genre ia senang bisa melakukan banyak penyuluhan dan sosialisasi ke kelurahan, kecamatan dan ke sekolah-sekolah terkait materi Genre. Selain itu personal branding Shanaz juga meningkat di sosial media sehingga meningkatkan kepercayaan dirinya untuk semakin semangat berkontribusi terhadap remaja Indonesia khusunya di Sumatera Utara.

Terakhir, M. Raihan mengajak mahasiswa USU agar dapat mengaspirasikan dan menyuarakan ide terbaiknya untuk membentuk dan mempersiapkan remaja-remaja Sumatera  Utara menjadi remaja yang memiliki rencana dalam mempersiapkan kehidupan masa depan yang baik.

“Saya berharap semakin banyak remaja yang ikut serta dan bisa memberikan kontribusi nyata untuk Sumatera Utara,” tutupnya.

 

Redaktur: Agus Nurbillah

Related posts

Lewat Bakti Sosial, BP2M FEB USU Harap dapat Tumbuhkan Kepedulian Sesama Masyarakat!

redaksi

Festival Kopi Mandiri Ajak Ekosistem Kopi Berkembang

redaksi

Mengenal Desa Sehat Bersama Kementerian Kesehatan PEMA USU

redaksi