SUARA USU
Kabar Kampus

Yuk Mengenal Lebih Dekat dengan KMJ USU

Oleh: Inneke Kiki Rizki

Suara USU, Medan. Keluarga Mahasiswa Jabodetabek (KMJ) merupakan organisasi kemahasiswaan yang digagas pertama kali oleh Raja Fanny Fatahillah S.S, alumni KMJ USU pada 2015. Kemudian diresmikan pada 10 Maret 2018.

KMJ sendiri merupakan paguyuban untuk mahasiswa/i rantau Jabodetabek yang bertujuan menjalin tali persaudaraan yang lebih erat dan menjalin koneksi sesama mahasiswa Jabodetabek di tanah rantau.

Pembina KMJ USU saat ini ialah Prof. Dr. Ir. Harmein Nasution M.SIE, Ph.D., sedangkan ketua KMJ USU saat ini ialah Riris Abita mahasiswa Fakultas Hukum USU stambuk 2019 yang dipilih pada Desember 2021 pada saat musyawarah besar. Pemilihan ini dilakukan oleh demisioner, alumni, dan anggota KMJ USU melalui voting.

Riris menjelaskan bahwa struktur organisasi KMJ USU saat ini terdiri atas BPH (Ketua, Sekretaris, Bendahara), Kepala Divisi, dan Anggota Divisi. Riris juga menambahkan ada beberapa Divisi yang ada di KMJ USU yakni Divisi Advokesma, Divisi PSDM, Divisi Mulkominfo, Divisi Diklitbang, Divisi Minat Bakat, dan yang terakhir Divisi Kewirausahaan.

Mengenai cakupan dari KMJ USU saat ini, Riris mengungkapkan bahwa hanya mahasiswa/i di beberapa Fakultas Universitas Sumatera Utara saja dikarenakan sedang online.

“Masih banyak yang belum terjangkau, hanya beberapa fakultas saja. Karena kan fakultasnya banyak terus penjaringannya online gitu, jadi agak susah,” ungkap Riris.

Riris juga menambahkan bahwa total anggota dari KMJ USU mulai tahun 2018 sampai 2021 berjumlah 399 orang.

“Untuk total anggota dari tahun 2018 sampai 2021 itu ada 399 orang, tapi kalau untuk saat ini kurang lebih 250 orang mungkin ya karena anak-anak 2018 uda pada lulus juga, jadi ga tau angka pastinya,” sambungannya.

KMJ USU memiliki beberapa program kerja, diantaranya adalah mengadakan ulang tahun KMJ USU yang sejauh ini sudah dilakukan di Wave Coffee pada maret 2021, kemudian ada KMJ berbagi yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan minggu keempat bulan ini, kemudian ada Osaka atau olahraga sama KMJ yang rutin dilakukan tiap 2 minggu sekali ataupun sebulan sekali, kemudian ada juga Podcast KMJ yang diadakan rutin setiap bulan, dan program kerja program kerja lainnya.

Riris sebelumnya merupakan angggota dari KMJ USU, menurutnya saat ini KMJ USU lebih produktif dan hanya terdapat beberapa kendala saja.

“Periode ini mungkin lebih produktif karena sudah bisa offline juga. Mengenai kendala saat ini itu banyak pengurus yang di Jakarta, jadi agak susah kalau ada progja offline karena kurang orang,” tutur Riris.

Mengakhiri wawancaranya ia mengungkapkan harapannya untuk KMJ USU “semoga KMJ USU lebih luas lagi jangkauannya, makin solid juga, sukses buat KMJ USU,” tutupnya.

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sukses Adakan Perayaan Paskah, IMPROSAJA USU Harapkan Kesatuan dan Kerendahan Diri Seperti Kristus

redaksi

Hadir Meriahkan Hari Terakhir PKKMB, Indra Jegel: Kembangkan Diri Sebaik-baiknya!

redaksi

Rekrutmen Terbuka KSPM USU, Tingkatkan Soft Skill dan Berikan Manfaat Pada Masyarakat

redaksi