SUARA USU
Opini

Memasuki Bulan Ramadhan, Yuk Ngabuburit Asik dan Bermanfaat Di Tengah Pandemi

Oleh: Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan. Bulan Ramadhan penuh berkah sudah di depan mata. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini, ada aura berbeda yang terasa lebih tenang dan damai. Namun, pada ramadhan 2022 ini, kita masih berada di situasi pandemi Covid-19.

Menjalani bulan puasa di situasi pandemi pastinya akan sedikit lebih berat karena diwajibkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk yang lagi puasa, gimana nih? Tetap dijaga semangat puasanya ya! Jangan sampai semangat puasa kita luntur dan ibadah kita menurun. Masih ada beberapa pekan ke depan yang harus kita lalui dengan semangat berpuasa.

Berbicara mengenai Bulan Ramadhan, tidak afdol rasanya jika kita melewatkan tradisi ngabuburit.  Sebenarnya apa sih ngabuburit itu? Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang artinya menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan kegiatan yang bersifat santai menjelang waktu berbuka tiba. Ngabuburit sendiri merupakan budaya yang sudah lama sekali berlangsung dari tahun ke tahun. Tradisi unik ini menjadi salah satu momentum yang tidak boleh dilewatkan.

Dahulu, ngabuburit merupakan kegiatan yang dominan dilakukan anak-anak untuk pergi ke Mesjid sebagai aktivitas positif sambil menunggu waktu berbuka tiba. Namun sekarang, istilah ngabuburit diisi dengan hunting aneka takjil. Dewasa ini, ngabuburit bukan lagi dilakukan oleh orang yang berpuasa saja, tetapi menjadi kegiatan yang dirindukan bahkan bagi non-muslim sekalipun. Hal ini disebabkan beraneka macam takjil yang dijajakan di pinggir jalan pada sore hari dan selalu penuh oleh orang-orang yang berburu takjil.

Nah, apa saja sih kegiatan yang dapat dilakukan pada saat ngabuburit? Berikut beberapa tips dan ide ngabuburit seru yang bisa dicoba saat menunggu waktu berbuka.

  1. Berburu Takjil
    Poin pertama ini merupakan hal pertama dan utama yang pastinya akan selalu dilakukan. Tak lengkap rasanya jika takjil tak turut terhidang di meja makan bila waktu berbuka sudah tiba. Semua stand penjual takjil di pinggir jalan akan disinggahi demi sekantong penuh plastik takjil di kedua tangan. Takjil yang dijajakan di pinggir jalan dominannya merupakan gorengan maupun kue basah. Ditambah pula dengan bubur sumsum sebagai pelengkapnya.
  1. Melakukan kegiatan sosial
    Pada bulan ramadhan, tentunya kita ingin melipatgandakan pahala yang kita terima. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan berbagi. Berbagi makanan bagi yang membutuhkan tentunya akan mendatangkan berkah yang luar biasa melimpah. Hal ini dapat kita lakukan di sela-sela berpuasa. Tidak perlu makanan mahal, cukup yang sederhana dan dilakukan dengan hati yang tulus ikhlas.
  1. Masak untuk berbuka
    Memasak makanan berbuka dapat menjadi opsi yang kita pilih pada saat ngabuburit. Ngabuburit yang seru bukan hanya sekadar keluar rumah dan berburu takjil saja. Membantu orangtua untuk beberes dan memasak menjelang berbuka dapat membunuh waktu kita yang membosankan dan tentunya menjadi kegiatan yang positif.
  1. Jalan-Jalan Sore
    Jika sudah sumpek berada di rumah terus, maka opsi ke 4 ini dapat menjadi pilihanmu. Mengisi waktu ngabuburit dengan jalan-jalan sore merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat kita coba. Misalnya pergi ke taman kota sekadar merilekskan pikiran atau memilih keliling naik motor di jalanan hanya untuk memanjakan mata.
  1. Nonton Film dan Bermain Game
    Pada poin ke 5 ini tentunya pernah atau bahkan sering kita lakukan. Ini merupakan kegiatan ngabuburit paling santai dan mudah untuk dilakukan. Bermodalkan Hp saja kita dapat mengisi kekosongan waktu menjelang berbuka. Buat yang hobi menonton film atau bermain game, kegiatan ngabuburit ini tentunya menjadi ide yang paling asik untuk dilakukan.
  1. Hunting Baju Lebaran
    Di masa pandemi ini, kita dapat memanfaatkan online Shop untuk membeli baju lebaran. Berselancar di pinterest dan aplikasi “oren” dapat menjadi opsi terbaik dalam memilih model baju yang kita sukai. Kita tidak perlu repot keluar rumah dan  membuang waktu karena bingung memilihnya. Terutama bagi para perempuan yang masih bingung mau pakai baju apa di Idul Fitri nanti.

Nah, itu dia beberapa kegiatan ngabuburit positif yang dapat kita lakukan. Tetap semangat puasanya ya!

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kuliah Daring: Mahasiswa Offcam, Tanda Tidak Antusias

redaksi

Realitas Beauty Privilage di Kalangan Mahasiswa

redaksi

Tujuh Dekade Satu Windu

redaksi