SUARA USU
Kabar Kampus

Empat Mahasiswi USU Mengikuti MBKM-Kampus Mengajar di Thailand

Reporter: Viona Maharani

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara mengirimkan sebanyak empat delegasi mahasiswi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang diberangkatkan ke Thailand pada 30 April yang lalu untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Kampus Mengajar. Adapun empat mahasiswi FMIPA tersebut ialah Nevia Febriani Nasution (S1 Kimia), Dita Muthia (S1 Matematika), Chairunnisa Pinem (S1 Fisika), dan Gita Indah Larasati Nababan (S1 Biologi).

Gita Indah, selaku mahasiswa asal program studi Biologi mengaku bahwa mengetahui informasi ini dari pesan yang dikirim oleh Kepala Prodi ke grup WhatsApp, “Saya sendiri tahu informasinya melalui informasi yang dibagikan oleh Ibu Yurnaliza selaku Kaprodi ke grup WhatsApp Mahasiswa Biologi Angkatan 2020.” Sama seperti Gita, Pinem selaku mahasiswa yang mengikuti program ini juga mengetahui kabar tersebut dari Kaprodi yang menghubunginya langsung.

Adapun program kampus mengajar kali ini merupakan kerja sama pertama antara Universitas Sumatera Utara dengan Thailand, di mana pada program ini akan dikonversi sebanyak 20 SKS. Keempat mahasiswa USU nantinya akan mengajar selama 3 bulan terhitung dari 1 bulan persiapan dan 2 bulan kegiatan mengajar yang dilakukan di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Pihak kampus sendiri memberikan banyak bantuan kepada para mahasiswa.

“Mulai dari pembuatan visa sudah dibantu oleh pihak kampus, jadi kami hanya tinggal mengirimkan berkas ke KUI USU yang ada di pintu satu. selama tinggal di Bangkok kami juga mendapatkan bantuan seperti living cost, tiket pesawat pulang-pergi, juga uang jajan selama di sini,” tutur Pinem saat ditanya mengenai bantuan yang diberikan oleh USU.

Pinem juga berharap dapat memberikan dampak yang positif dari program Kampus Mengajar ini.

“Karena ini merupakan kerja sama pertama antara USU dengan Thailand, jadi saya berharap ke depannya juga masih akan ada kesempatan untuk kerja sama lagi. Mungkin tidak hanya dalam bidang mengajar, bisa dalam bidang lain juga. saya juga berharap dapat menerapkan budaya yang baik di sini untuk saya terapkan di Indonesia nantinya seperti dalam hal membuang sampah pada tempatnya dan budaya mengantre,” ungkapnya.

Sama seperti Pinem, Gita Indah juga mengungkapkan harapan ke depannya mengenai program ini, “Harapan saya semoga kami yang menjadi perwakilan saat ini dapat menjalankan dan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kami dengan baik sehingga ke depannya akan tetap terjalin kerjasama USU dengan KBRI khususnya SIB, dan tidak hanya berhenti di kami namun juga ada perwakilan yang akan menyusul tiap tahunnya. Harapan saya pribadi, semoga melalui program ini saya mendapat gambaran lebih untuk bisa bekerja di KBRI atau di Thailand setelah menyelesaikan perkuliahan nantinya,” tutup Gita.

Redaktur: Yohana Situmorang


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Memperingati Hari Malaria Sedunia, PM MIND FK USU Mengadakan Webinar ‘Little Steps to Zero Malaria : Start With Me’

redaksi

Gebrakan Baru, Gema Puja Kesuma USU Akan Adakan Silaturahmi Akbar Mahasiswa Keturunan Jawa Se-Kota Medan!

redaksi

Rekrutmen Terbuka HIMALA USU, Ajak Mahasiswa Langkat Bersinergi Bersama!

redaksi