SUARA USU
Sosok

Cerita Andrew Benedictus Jamesie, Mahasiswa Fasilkom-TI USU dengan Segudang Prestasi

Oleh: Duwi Cahya Aleida

Suara USU, Medan. Menjadi mahasiswa aktif dan memiliki banyak prestasi merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Salah satu contoh mahasiswa USU yang telah berhasil menuai prestasi membanggakan adalah Andrew Benedictus Jamesie dari Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi stambuk 2020.

Andrew mempunyai semangat belajar yang tinggi, terutama di bidang komputer. Ia sudah banyak berpartisipasi dalam berbagai perlombaan, pelatihan, dan kegiatan yang mampu mengasah skill serta pengetahuannya agar semakin maksimal. Konsistensinya dalam belajar sudah dilakukan sejak menjadi mahasiswa baru.

“Sebelum masuk kuliah, aku sudah rencanakan dari semester 1 sampai semester 7 kira-kira mau ikut kegiatan apa saja. Kebanyakan lomba seperti olimpiade dan semacamnya itu di semester 1 dan 2, karena biasanya materi olimpiade banyak juga dari materi SMA, jadi masih ingat. Selebihnya ikut pelatihan dan kegiatan buat menambah skill, pengetahuan dan networking juga lebih luas,” ungkap Andrew.

Alhasil, di tahun ketiganya ini Andrew telah banyak memiliki prestasi. Di antaranya sebagai berikut:
1. Peraih Medali Perak Olimpiade Sains Mahasiswa 2020: Komputer
2. Peraih Medali Perak Kompetisi Sains Indonesia 2021: Komputer
3. Peraih Medali Perak College Science Competition 2021: Matematika
4. Peraih Medali Perunggu College Science Competition 2021: Komputer
5. Peraih Medali Emas Kompetisi Hari Pendidikan Nasional 2021: Computer
6. Peraih Medali Emas Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia Session 2 Tahun 2021: Level 5
7. Peraih Medali Perunggu Olimpiade Sains Indonesia 2021: Komputer
8. Juara 1 Advanced Science Olympiad 2021: Komputer
9. The Best Participant IT Developer Academy 2021: Competitive Programming
10. Lolos Seleksi Tahap 1 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Skema Karsa Cipta (PKM-KC)
11. The Best Final Project IMILKOM Mini Bootcamp 2022: UI/UX Design
12. Finalis GEMASTIK XV 2022 Divisi Karya Tulis Ilmiah TIK
13. The Best Capstone Project SIB Dicoding Cycle 3 Tahun 2022
14. Awardee Beasiswa Prestasi Universitas Sumatera Utara Tahun 2023
15. Awardee of DevOps and Back-End Developer Scholarship Program
16. Awardee of Digital Talent Scholarship: Data Analytics
17. Awardee of Lintasarta Cloudeka Digischool Scholarship Program 2022
18. Awardee of Digital Talent Scholarship: IT Support

Selain itu, Andrew juga sudah memiliki sekitar 122 sertifikasi, 16 proyek, dan puluhan pengalaman di berbagai instansi khususnya bidang IT. Salah satu perlombaan yang berkesan baginya adalah GEMASTIK 2022 (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi). Awalnya Andrew mengaku sempat ragu untuk berpartisipasi di kompetisi ini. Namun berkat dukungan teman dan dosen, Andrew akhirnya memutuskan untuk bergabung. Walaupun tidak menang, Andrew bersyukur karena bisa menjadi finalis Tim GEMASTIK 2022 yang mewakili USU.

Dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan, Andrew sempat mengalami kesulitan. Terutama di masa awal perkuliahan yang harus cepat beradaptasi dan mengelola waktu sebaik mungkin.

“Fase yang cukup sulit mungkin yang pertama itu fase awal kuliah. Aku angkatan 2020, itu masa covid dan semuanya serba online, Jadi butuh adaptasi cepat dan di semester itu basic belajar ilmu komputer juga harus kuat,” ujarnya.

Andrew berencana agar bisa lulus secepatnya. Jadi untuk kesibukan sekarang, Ia lebih banyak mengikuti pelatihan dan sedang fokus di minat machine learning, karena itu akan menjadi salah satu topik untuk skripsi yang akan dipersiapkannya mulai semester 7 mendatang.

Menyeimbangkan kehidupan akademik dan nonakademik merupakan kewajiban bagi mahasiswa. Itulah yang diterapkan Andrew sebagai mahasiswa yang aktif dan berprestasi.

“Mungkin bisa direncanakan dulu, misalnya buat maba nanti masuk semester 1 bisa direncanakan ke depannya mau bagaimana. Kalau udah planning, jalani saja dulu, dan pastikan akademik kita aman dalam arti IP kita yaa kurang lebih di atas 3 lah ya, baru cobalah ikut kegiatan misalnya kepanitiaan, organisasi, atau ikut pelatihan/kursus online,” tegas Andrew.

“Selain itu belajar juga time management biar bisa bagi waktu unuk urusan kuliah dan urusan di luar kuliah. Dan satu lagi, kalau mau ikut kegiatan di luar kampus dipertimbangkan dulu kesanggupannya, kalau aman dan sekiranya sanggup, baru jalani dan bertanggungjawab. Intinya itu kuliah dan belajar tetap nomor satu, sedangkan kegiatan di luar kampus itu bisa prioritas berikutnya,” tambahnya.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Lafran Pane, Sosok Inspiratif Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam

redaksi

Eka Dalanta, Pegiat Literasi Sumatera Utara: Sastra Bukanlah Sesuatu yang Berat

redaksi

Membangun Kesadaran Hidup Sehat, Melalui Organisasi Peduli Masyarakat Ala Tesalonika

redaksi