SUARA USU
Kabar Kampus

Fakultas Pertanian USU Sukses Adakan Dialog Interaktif Agriculture PSBB (Productive, Sure, Better, and Beneficial)

Oleh : Niken Oxana Br Panjaitan/Idora Rorencia Purba

Suara USU, Medan. Fakultas Pertanian telah menyelenggarakan Dialog Interaktif Agriculture PSBB dengan tema “Berani Bertani Mandiri Jadikan Hidup Lebih Berarti” yang diselenggarakan secara hybrid (virtual dan non virtual), Jumat (28/01).

Acara ini Mula PSBB karena diadakan pada masa pandemi atau dalam proses pemulihan, kemudian Mahasiswa/i Fakultas Pertanian 2020 terinspirasi untuk membuat PSBB panjang dengan arti PSBB untuk covid yaitu PSBB ( Productive, Sure, Better, and Beneficial ).

Dialog Interaktif ini menghadirkan 3 narasumber, diantaranya Mohd. Agung Fattahillah Jath, SP selaku pendiri Hidroponik Medan, Muhammad Juwaini, SP, M.MA selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Dinas Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, dan Muhammad Dava Warsyahdhana selaku Duta Petani Milenial Kementrian Pertanian RI.

Dalam penyampaian kata sambutan, Muhammad Fahmi Zikri selaku Ketua Panitia Acara Pertanian PSBB, berharap agar acara Pertanian PSBB ini dapat menciptakan masyarakat yang produktif, masyarakat yang yakin akan masa dan masyarakat yang lebih baik kedepannya.

Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Dr. Lisnawita SP., M.Si. yang turut hadir dalam ini juga berharap agar mahasiswa/i Fakultas Pertanian USU dapat menuangkan idenya dalam pemanfaatan lahan yang terbatas untuk berkebun sukses, karena pada masa pademi seperti ini, sektor merupakan sektor yang paling dikatakan stabil untuk menopang sebagian perekonomian di masa pandemi

“Maka dikatakan pertanian dapat menopang sebagian perekonomian dalam masa pandemi. Sebagai mahasiswa sudah sewajarnya juga memiliki ide bagaimana memanfaatkan lahan yang terbatas dan bagaimana memanfaatkan masa pandemi ini menjadi momen dimana ibu ibu dan mungkin para masyarakat diluar sana bisa meningkatkan penghasilan atau membantu perekonomian keluarga,” ujar beliau.

Materi yang dibahas oleh para narasumber pada sesi dialog interaktif yang sangat penting, antara lain pengertian, manfaat, potensi pengembangan, dan pengembangan strategi urban farming , urban farming dengan sistem urban farming, menjadi perhatian masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19, pemanfaatan pekarangan rumah sebagai lahan praktik urban farming , tantangan pengembangan dalam pelaksanaan urban farming , penerapan urban farming , perbedaan perkotaan ( urban farming ) dan tradisional ( non urban ).

Sebelum memasuki sesi tanya jawab, Muhammad Dava Warsyahdhana sebagai pemateri terakhir tidak lupa memberikan kata-kata motivasi untuk semua peserta acara

“Mulailah bergerak, berlari dan akhirnyai dirimu, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, mulai saat ini juga!”

“Manusia hanya bisa berencana dan Allah SWT yang menentukan,” tutup Muhammad Dava.

Dialog Interaktif Agriculture PSBB ini kemudian ditutup dengan foto bersama dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembagian bibit ke setiap.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

LPM Teropong UMSU Adakan Bincang Bahas Suara USU

redaksi

Pelantikan Kepengurusan Baru HIPMI PT USU 2023/2024, Membangun Semangat Pengusaha Muda

redaksi

Pelantikan Organisasi dan Seminar Garis Literasi FISIP USU

redaksi