SUARA USU
Kabar Kampus

Farhan Jijima sebagai Bintang Tamu, Mari Intip Antusias Peserta MSC USU 2023

Reporter: Siti Annisa / Evita Sipahutar

Suara USU, Medan. Himpunan Mahasiswa Matematika USU telah melaksanakan Mathematics Science Competition (MSC) USU 2023 pada Sabtu (13/5) di Gelanggang Mahasiswa USU. MSC kali ini dibagi menjadi dua rangkaian, olimpiade dan talkshow.

Olimpiade ini diperuntukkan bagi siswa jenjang SMP dan SMA dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Ada yang berasal dari Medan, Dolok Sanggul, Binjai, Stabat, dan daerah lainnya.

Talkshow MSC kali ini menghadirkan Farhan Jijima, seorang konten kreator yang juga merupakan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Teknik Sipil. Talkshow tersebut mengangkat tema “How To Cultivate A Love For Mathematics” yang artinya menumbuhkan kecintaan terhadap matematika yang melibatkan pengembangan pola pikir yang positif, memahami aplikasi matematika di dunia nyata, berlatih secara teratur, dan mencari peluang untuk mengeksplorasi subjek lebih lanjut.

Adapun juara 1 jenjang SMA/MA pada MSC USU 2023 ini yaitu Maulana Rumi dari SMA Negeri 1 Binjai dan juara 1 jenjang SMP/Mts yaitu Setiawan Dharma dari SMP Cinta Budaya.

MSC USU 2023 berhasil mendapatkan antusias lebih dari para peserta. Hal tersebut dibuktikan dari pernyataan pemenang Juara 1 MSC USU 2023 tingkat SMA/MA yaitu Maulana Rumi. Merupakan siswa kelas 2 dari SMA Negeri 1 Binjai, dia menyebutkan bahwa mengikuti kompetisi ini adalah atas kemauannya sendiri dan ia berangkat dari binjai ke medan seorang diri. Transportasi yang ia gunakan adalah kereta api, lalu dari stasiun kereta api Medan ke Gelanggang Mahasiswa USU menggunakan ojek online.

Maulana berharap atas apa yang ia dapatkan ini tidak membuatnya merasa cepat puas atas pencapaiannya. Ia juga menyampaikan pesan untuk seluruh anak muda indonesia, terlebih yang masih duduk dibangku sekolah agar jangan ragu atau minder untuk mengikuti perlombaan seperti olimpiade ini.

“Cari kamampuan diri sendiri dulu, hal yang disukai apa? Jika menyukai hal-hal yang berbau pelajaran sekolah. Yah, mulai ikut-ikut olimpiade seperti olimpiade matematika, biologi. Intinya, mencoba untuk terus belajar, mengikuti kompetisi-kompetisi. Coba mulai dari hal kecil saja dulu. Mungkin ikut olimpiade tingkat kota dulu, baru lanjut mencoba ke tingkat provinsi,” ujar Maulana.

Tidak hanya dari kalangan siswa saja yang memadati Gelanggang Mahasiswa USU, tetapi ada juga beberapa mahasiswa yang ikut turut hadir. Seperti Zahra Gafela yang merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED), tujuan mengikuti acara ini untuk mendengarkan sesi talkshow Farhan Jijima. “Apa-apa yang disampaikan oleh Farhan sangat berguna. Karena dalam pembahasan nya tidak hanya membicarakan tentang matematika saja. Tetapi juga memberikan tips kepada mahasiswa bagaimana cara membagi waktu untuk mengerjakan tugas yang sudah numpuklah istilahnya,” ungkap Zahra.

Tanggapan dari beberapa peserta yang mengikuti MSC ini positif, mereka menganggap kegiatan seperti ini memiliki banyak feedback positif bagi mereka. Rangkaian acara yang sangat seru, diselingi dengan beberapa persembahan seperti tarian modern, nyanyian dan lain-lain membuat acara ini semakin meriah dan menarik tentunya.

“Kesan acara hari ini, menarik dan seru. Ditambah dengan guest star nya adalah Farhan Jijima. Semoga acara MSC ini semakin keren lagi dan kedepannya dapat mengundang guest star yang keren keren lagi,” kata Muhammad Farhan Nadwi Sinaga siswa SMA Negeri 1 Stabat.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKM Mepro USU Adakan Open Recruitment

redaksi

Pemira USU 2020 Ditunda

redaksi

Angkat Tema “Perkaya Berita dengan Data Berkualitas: Adaptif, Unggul, dan Terpercaya”, Presma Pijar Sukses Laksanakan PJTD 2024

redaksi