Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Fernandus Vinansio Sirait, Mahasiswa FISIP USU Tingkatkan Minat Anak Bermain Alat Musik

Penulis : Fernandus Vinansio Sirait

Suara USU, MEDAN. Fernandus Vinansio Sirait selaku mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial telah melaksanakan Kegiatan Praktikum 1 di Panti Asuhan Yayasan Kasih Sahabat Dermawan yang berlokasi di Jl. Sei Terjun No.8, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, dengan pengawas sekolah, yaitu Ibu Malida Putri S.Sos, M.Kesos. Kegiatan Praktikum 1 ini berlangsung  pada tanggal 16 Maret  s.d tanggal 14 Juni 2021.

Jumlah anak-anak di Panti Asuhan Yayasan Kasih Sahabat Dermawan sebanyak 23 orang. Anak-anak di panti ini ada yang masih duduk di bangku TK sampai kelas 1 SMA. Sistem di panti ini adalah penitipan anak, dimana anak-anak yang keluarganya berasal dari ekonomi rendah dan ditampung oleh pihak panti dan disekolahkan.

Fernandus sebagai mahasiswa praktikan mengatakan, bahwa pada kegiatan awal praktikum mereka melakukan pengenalan dengan adik-adik di panti dan sharing terkait proses selanjutnya selama praktikum berlangsung. Adik-adik di panti asuhan juga berharap kepada Fernandus agar membantu mereka dalam belajar lebih berani, karena beberapa dari mereka mengatakan sulit menerima ilmu yang diajarkan guru karena kurangnya keberanian. Fernandus pun menyanggupi hal tersebut.

 Di bulan April, memasuki bulan kedua, agenda yang dilakukan oleh Fernandus dan teman-temannya adalah membantu adik-adik belajar untuk persiapan UTS di sekolahnya. Fernandus dan teman-temannya berjumlah 4 orang, dan masing-masing membagi kelompok per mata pelajaran. Fernandus sendiri membantu mengajarkan mata pelajaran IPS dan Bahasa Inggris. Di pertengahan April, Fernadus dan teman-temannya memiliki agenda yaitu mengajarkan adik-adik panti asuhan agar mencintai tanah air Indonesia lewat lagu-lagu nasional. Jadi, Fernandus memperkenalkan lagu-lagu nasional dan menyanyikannya bersama-sama. Selanjutnya, Fernandus dan kawan-kawan juga memberikan penyuluhan tentang bahaya Covid-19 dan memperkenalkan program 3M untuk pencegahannya.

Di bulan Mei, Fernandus mendapatkan seorang klien bernama Ali Darman Halawa. Anak yang biasa dipanggil Darman ini berasal dari suatu desa di daerah Padang Sidempuan. Darman adalah anak yang memiliki sikap dewasa hanya saja penyendiri. Darman memiliki minat untuk bisa bermain alat musik gitar. Darman tertarik ingin belajar gitar karena melihat Fernandus sebagai mahasiswa praktikan mahir bermain gitar. Dia juga ingin mahir bermain gitar supaya bisa menjadi pemusik ketika panti asuhan mengadakan ibadah.

Fernandus menyusun program untuk membantu klien agar bisa memainkan alat musik gitar. Di panti asuhan, ada sebuah gitar dan sebagai mahasiswa praktikan, Fernandus juga membawa gitar pribadinya agar lebih mudah mengajarkan Darman  bermain Gitar. Fernandus menggunakan metode casework untuk membantu kliennya. Fernandus menggunakan metode casework oleh Zastrow, sebagai berikut;

  1. Intake dan Contract, merupakan tahap kontrak kerja dan pengenalan program pembelajaran dengan klien,
  2. Penilaian, merupakan pengenalan secara mendalam kepada klien dari masalah klien dan harapan klien,
  3. Planning, merupakan tahap perencanaan yang dibuat Fernandus untuk memecahkan masalah klien dan mendapatkan info tentang keinginan klien,
  4. Intervensi, merupakan tahap dimana Fernandus memberikan bimbingan tentang dasar bermain gitar
  5. Evaluasi merupakan tahap pengkoreksian antara Fernandus dan klien dari program yang sudah dikerjakan, kekurangan dan kelebihan dari program ini.

Ke 5 tahapan yang sudah dilakukan ini memberikan hasil yang baik, Darman akhirnya mampu menguasai teknik dasar bermain alat musik gitar meskipun masih ada sedikit kekurangan. Namun, dari ilmu yang diajarkan Fernandus, Darman sebagai klien dapat belajar teknik baru sendiri dengan menggunakan teknik dasar yang diajarkan Fernandus.

Di akhir Praktikum 1, Ibu pengasuh panti asuhan mengapresiasi Fernandus sebagai mahasiswa praktikan dan berterima kasih karena telah bersedia membantu mendidik adik-adik di Panti Asuhan Yayasan Kasih Sahabat Dermawan. Ibu pengasuh juga memberi kata semangat kepada Fernandus dan kawan-kawannya agar sukses dalam perkuliahannya.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

How To Branding Yourself In Digital Era

redaksi

Ketua Umum Baru IMA FT USU Berharap Anggota Semakin Bersinergi

redaksi

UKM KMK USU Adakan Evaluasi Program Semester A

redaksi