SUARA USU
Kabar Kampus

FISIP USU sebagai Tuan Rumah, Konferensi Penyiaran Indonesia Adakan Kompetisi Konferensi Penyiaran 2023

Oleh: Anastasya Hasugian

Suara USU, Medan. Salah satu program tahunan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat ialah Kompetisi Konferensi Penyiaran bersama 12 PTN yang menjadi mitra KPI dalam kegiatan Riset Kualitas Program Siaran Televisi. Kompetisi Konferensi Penyiaran KPI pada tahun ini dilaksanakan mulai dari April hingga Juli 2023 mendatang yang bertempat di Fisip USU.

Tema besar besar yang diusung dalam Konferensi Penyiaran 2023 kali ini adalah “Digitalisasi Penyiaran; Tantangan, Hambatan untuk Mewujudkan Penyiaran Pro Publik” dengan 6 sub tema yang akan diangkat secara lebih spesifik, yaitu “Konten Lokal dalam Transformasi Digital”, “Jurnalisme dalam Era Digital”, “Masyarakat Marginal dan Digitalisasi”, “Komunikasi Digital, Media, dan Transformasi Budaya”, “Literasi Media di Era Digital”, serta “Pemilu dalam Penyiaran di Era Digital”.

Adapun 12 PTN kemitraan yang dijalin oleh KPI yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Diponegoro (UNDIP), UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Udayana, Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Universitas Tanjung Pura, Universitas Andalas (UNAND), Universitas Pattimura, dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta.

Untuk timeline pelaksanaan Kompetisi Konferensi Penyiaran 2023 diawali dengan pendaftaran dan pengumpulan karya pada tanggal 5 April s.d 10 Juni 2023. Selanjutnya, penilaian juri yang dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 30 Juni 2023 dan pengumuman juara lomba yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2023.

Pada Konferensi Penyiaran 2023 kali ini, beberapa kompetisi yang akan diselenggarakan antara lain:

  1. Kompetisi Video Campaign, dengan tema “Kampanye Pemilu Sehat”, “Destinasi Lokal”, dan “Literasi Media

  2. Kompetisi Video Reportase, dengan tema “Karisma Negeriku”

  3. Kompetisi Film Pendek, dengan tema “Menjadi Indonesia (Melestarikan Budaya Indonesia yang Mulai Hilang)”

  4. Kompetisi News Anchor, dengan tema “Pariwisata di Era Baru”

  5. Kompetisi Vlog Penyiaran, dengan tema “Literasi Digital”, “Aman Bersosial Media”, dan “Memilih Pemula Pemilu”.

Untuk informasi lebih lanjut, sobat Suara USU dapat mengunjungi laman media sosial Instagram Konferensi Penyiaran Indonesia di @konferensipenyiaran2023

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengusung Tema Join in God Love (JINGLE), Prodi Ekonomi Pembangunan USU Sukses Rayakan Natal

redaksi

GENBI Sumut Gelar ‘Leadership Camp 2019’

suarausu

Kontribusi Sosial PMM 3 Unpad Inbound B10 Saremina Sukses Dilaksanakan

redaksi