SUARA USU
Featured Life Style

Cuaca Semakin Panas Akhir-Akhir Ini, BMKG pun Sarankan Pakai Sunscreen

 Oleh: Mutiara

Suara USU, Medan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyarankan masyarakat menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF 30 ke atas untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Imbauan ini dikeluarkan BMKG dikarenakan pola harian indeks ultraviolet berada pada kategori low di pagi hari, dan mulai meningkat pada pukul 10.00 pagi. Indeks ultraviolet selanjutnya akan mencapai puncaknya di kategori highvery high, sampai dengan extreme pada siang hari antara pukul 12:00 s.d. 15:00 waktu setempat. Intensitas radiasi matahari pada tingkatan ini sangat berbahaya bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung dan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kulit dan mata.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), paparan sinar UV meningkatkan risiko penyakit mata yang berpotensi membutakan. Paparan ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk kanker kulit.

American Cancer Society, menuturkan sebagian besar kanker kulit terjadi sebagai akibat dari paparan sinar UV. Adapun jenis kanker kulit paling umum, yakni kanker sel basal dan sel skuamosa cenderung ditemukan pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, dan kemunculannya biasanya terkait dengan paparan sinar matahari seumur hidup. Tak hanya itu, risiko terkena melanoma, yang merupakan jenis kanker kulit paling mematikan juga terkait dengan paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, untuk meminimalisasi risiko penyakit akibat sinar UV, BMKG mengimbau masyarakat untuk menghindari paparan matahari antara pukul 10.00 hingga pukul 16.00 serta dan rutin mengoleskan pelembab tabir surya atau sunscreen SPF 30 ke atas setiap dua jam sekali.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF pada tabir surya atau sunscreen menunjukkan seberapa lama kulit terlindungi dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan terkena kerusakan sel kulit.

Idealnya, penggunaan sunscreen SPF 30 akan membuat kulitmu 30 kali lebih lama untuk terbakar dibandingkan jika kamu tidak memakai sunscreen. Sederhananya, angka SPF yang tinggi mampu memberikan perlindungan terhadap radiasi matahari lebih lama. Jadi, jangan lupa pakai sunscreen, ya!

Redaktur: Grace Silva


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Shio yang Diprediksi Beruntung di Tahun Naga 2024. Intip Shio Kamu!

redaksi

Budaya Berburu Nasi Kotak di Hari Jum’at, Skill Menghemat Ala Mahasiswa

redaksi

Kenali Tipe-Tipe Mahasiswa Saat Liburan!

redaksi