SUARA USU
Kabar Kampus

Futsal Fisip, Jawara Baru USU Futsal League

Repoerter : Anna Fauziah Pane dan Muhammad Yandi Hasibuan

Suara USU, Medan. Setelah vakum selama hampir tiga tahun, unit kegiatan mahasiswa futsal USU kembali menggelar kompetisi futsal antar Fakultas di Universitas Sumatera Utara. Kompetisi dengan sistem liga ini menjadi ajang bergengsi di Universitas Sumatera Utara. Dengan berakhirnya seluruh pertandingan pada Selasa, (21/03). Tim futsal FISIP USU berhasil menjadi juara USU Futsal League. Selain menjadi juara, tim futsal FISIP berhasil meraih gelar top score dan best young player. 

Setelah dilaksanakan kembali, antusiasme dan euforia yang sudah lama tidak dirasakan oleh mahasiswa USU selama beberapa tahun belakang ini mampu menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan minat bagi mahasiswa USU sendiri. Apalagi dengan jadwal kuliah yang padat, kegiatan ini sangat bermanfaat dan positif untuk kelangsungan mahasiswa USU, khususnya yang hobi bermain futsal.

Fahrizal Abdurrazaq pemain futsal FISIP yang meraih top score, mengungkapkan bahwa di awal kompetisi tim futsal FISIP sempat mengalami kekalahan, dari kekalahan tersebut berubah menjadi  motivasi dan semangat untuk bangkit dan mendapatkan hasil sesuai harapan.

“Grafik permainan di tim FISIP sendiri awalnya tidak terlalu baik karena mengalami kekalahan di awal-awal pertandingan, namun hal itu menjadikan semangat dan motivasi kami untuk bangkit dipertandingan selanjutnya dan kami mendapat hasil yang kami harapkan,” ungkap Fahrizal.

Sebelum mengikuti kompetisi, tim futsal FISIP melakukan persiapan dengan latihan rutin dan mengikuti turnamen-turnamen yang ada serta melakukan pertandingan uji coba dengan fakultas lain. Dengan begitu para pemain akan saling memahami dan terciptanya keserasian saat bertanding.

“Persiapan yang kami lakukan tentunya latihan rutin dan juga mengikuti turnamen yang ada agar pemain menjadi lebih klop dengan satu sama lain dalam hal bermain,” tutur Fahrizal.

Sempat terjadi kericuhan dalam pertandingan antara Fakultas Hukum melawan Fakultas Kehutanan yang menyebabkan kompetisi ditunda selama beberapa hari oleh panitia. Menyikapi hal tersebut Raqin Akbar salah satu pemain futsal FISIP sangat menyayangkan hal tersebut bisa terjadi, menurutnya tidak bisa menyalahkan salah satu pihak dan membenarkan pihak lain.

“Perihal ricuh yang kemarin menurut saya kedua belah pihak salah, akibat tidak dewasanya masing-masing tim atau indvidu di dalamnya yang menyebabkan terhambatnya proses jalannya pertandingan dan merugikan banyak pihak, termasuk pihak pelaku ricuh tersebut,” tutur Raqin.

Raqin juga berpesan agar masing-masing fakultas dapat saling berkordinasi untuk menjaga agar tidak terjadi lagi kericuhan dan sebaiknya panitia memberi sanksi tegas dan cepat, “Harapannya turnamen seperti ini terus dan rutin dilakukan mengingat piala ini juga piala bergilir, jadi besar harapannya kompetisi ini dapat menciptakan generasi futsal yang dapat membanggakan USU,” ungkap Raqin.

Habil Jabbar, salah seorang dari tim juga menyampaikan kesannya terhadap USU Futsal League kali ini, “Kesan yg saya rasakan pribadi sudah jelas sangat senang sekali, karna turnamen futsal tingkat fakultas di usu itu sudah vakum selama 3 tahun, terakhir turnamen futsal seperti ini ada di tahun 2019, dan alhamdulillah sekarang bisa terlaksanakan kembali, saya pribadi turut senang kembalinya turnamen antar fakultas seperti ini, karena event-event seperti ini bisa mengembangkan minat bakat mahasiswa-mahasiswa yg ada di USU, terutama mahasiswa2 fisip yg belum pernah ngerasain turnamen futsal antar fakultas se-USU.”

Terkahir, Habil turut menyampaikan harapannya untuk gelaran USU Futsal League ke depannya. “Harapan saya event-event futsal seperti ini harus terus berlanjut ke depannya, dan bukan cuma untuk futsal, semua ukm – ukm yg ada di USU harus bisa lebih aktif lagi mengadakan event tahunan seperti ini, sekalian untuk talent scouting bakat-bakat mahasiswa yg ada di USU. Teruntuk futsal sendiri juga harus berlanjut di tahun depannya, karna jika tidak berlanjut, piala bergilir yg ada di FISIP gaakan tau bakal menginap dimana selama untuk 1 tahun kedepannya nanti,” tutup Habil.

Pemain best young player USU Futsal League, Daniel Marpaung menyebutkan bahwa dengan mengikuti kompetisi ini, dapat menambah pengalaman dalam olahraga futsal. Selain itu kompetisi ini bisa menjadi ajang untuk menguatkan tali silaturahmi antar Fakultas di USU sendiri. Daniel juga berpesan semoga kedepannya tidak ada lagi kericuhan yang terjadi selama ada kegiatan di Universitas Sumatera Utara.

Redaktur : Yohana Novriyanti Lumbanbatu


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kompas USU Tuai Prestasi di Medan Rafting Championship

redaksi

Sukses Gelar dan Rayakan Dies Natalis FEB USU Ke-60, Wakil Dekan II: FEB USU Tak Keluarkan Dana Seperakpun!

redaksi

Sosialisasi Literasi Media “Pelajar Cerdas Pelajar Anti HOAX” (Saring Sebelum Sharing)

redaksi