SUARA USU
Musik

Gambaran Realitas Kehidupan dalam Lagu Stressed Out

Oleh: Eka Syafitri Marpaung

Suara USU, Medan. “Stressed Out” adalah lagu yang ditulis dan direkam oleh duo musik Amerika, Twenty One Pilots dari album studio keempat mereka, Blurryface. Lagu yang diproduksi oleh Mike Elizondo ini pertama kali dirilis sebagai single promosi melalui label Fueled by Ramen pada 2015 silam.

“Stressed Out” adalah lagu hip hop  dan rap rock alternatif bertempo sedang yang berdurasi 3 menit 22 detik. Komposisi musiknya adalah kembali ke rock psychedelic dan musik pop seraya mempertahankan unsur musik pop yang cukup kuat.

Dalam lagu ini, diceritakan sebuah tokoh bernama Blurryface yang mewakili keraguan diri dan ketidakamanan sang pencipta lagu, Tyler Joseph. Pada pra-chorus lagu, Joseph menyanyikan, “My name’s ‘Blurryface’ and I care what you think”. Liriknya yang relevan dengan kehidupannya mengungkapkan kecemasan tentang segala sesuatu yang bersangkutan dengan hidup orang dewasa.

Lagu ini menggambarkan seseorang yang stres selama menjalani hidupnya sebagai orang dewasa sehingga ia berpikir untuk kembali ke masa kanak-kanak, seperti yang tertulis pada lirik, “Wish we could turn back time To the good old days”. Ia ingin kembali ke masa kecilnya di saat tidak memiliki beban, seperti orang dewasa pada umumnya. Di saat kecil, dipikirannya hanya ada hal-hal yang menyenangkan.

Di penggalan lirik lain, “Wake up you need the money” menggambarkan kehidupan kita dengan cukup akurat. Bagian ini memiliki makna yang cukup relevan bahwa seseorang harus bangun dari mimpinya dan harus bisa menghasilkan uang, baik suka maupun tidak suka.

Lagu “Stressed Out” menyangkut realita kehidupan yang pada akhirnya beberapa dari kita banyak yang  mengorbankan mimpi demi untuk bertahan hidup dan mencari uang. Lagu ini adalah sebuah refleksi berdasarkan kehidupan yang kita jalani. Lirik-lirik tersebut menggambarkan kenyataan hidup yang relatif mengejutkan, tetapi memang seperti itulah adanya.

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bersuara Tanpa Batas Lewat ‘Shout Out’

redaksi

Rasa Insecure yang Terwakilkan oleh Lagu Allergy – (G)-idle

redaksi

Hanyut Dalam Lantunan Pop Seblay Sentuhan Danilla

redaksi