SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Gebrakan Baru, Gema Puja Kesuma USU Akan Adakan Silaturahmi Akbar Mahasiswa Keturunan Jawa Se-Kota Medan!

Oleh: Suranti Pratiwi

Suara USU, MEDAN. Generasi Mahasiswa Putra Jawa Kelahiran Sumatera (GEMA PUJAKESUMA) Universitas Sumatera Utara dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan Silaturahmi Akbar yang turut mengundang seluruh seduluran Mahasiswa Keturunan Jawa dari berbagai universitas Se-Kota Medan.

Hal ini menjadi suatu gebrakan baru dari organisasi yang berdiri pada tanggal 5 Juli 2021 ini untuk menhimpun, membangun dan mengguyubkan mahasiswa keturunan etnis Jawa se-kota medan. Kegiatan ini juga bertujuan dengan mendirikan komisariat-komisariat GEMA PUJAKESUMA di tiap kampus di kota Medan.

Kepada Suara USU, Amas Maulana selaku Sekretaris Jenderal Gema Puja Kesuma mengungkapkan bahwa silaturahmi akbar ini dilatarbelakangi karena belum terkoordinir nya mahasiswa Jawa di Sumatera Utara khususnya di kota Medan.

Silaturahmi akbar yang menyasar pada Mahasiswa Keturunan Jawa strata satu (S-1) Perguruan Tinggi/Universitas Se-Kota Medan menjadi upaya yang ditempuh Gema Puja Kesuma sebagai organisasi sayap  atau perpanjangan tangan dari Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma dalam tubuh kemahasiswaan untuk dapat memperluas jangkauan dalam menaungi teman teman mahasiswa keturunan etnis jawa di Kota Medan. Bukan sekadar silaturahmi belaka namun peserta akan terus terkoneksi dan juga diberikan mandat sebagai pendiri komisariat.

Acara yang berkepanitiaan Mahasiswa Mahasiswi USU ini terbuka untuk umum dan di rencanakan akan terselenggara secara offline. Mengenai tempat dan waktu pelaksanaan akan segera di umumkan di media sosial Gema Puja Kesuma karena mekanisme pelaksanaannya sedang dalam masa perundingan.

Selaras denga motto organisasi yaitu Rukun Raket Regeng lan Rumekso yang jika diartikan Rukun= damai/tentram, Raket =dekat/akrab sesama orang jawa, Regeng =bernuansa hangat dan Rumekso = saling menjaga/saling melindungi, acara ini akan dipenuhi dengan hangatnya jalinan persaudaraan dalam nuansa budaya Jawa.

Silaturahmi akbar ini menjadi wadah bagi mahasiswa keturunan Jawa  untuk mempererat tali persaudaraan dan memperluas konektivitas. Oleh karenanya Amas berharap ramainya antusias dan kontribusi para mahasiswa/mahasiswi keturunan Jawa se-kota Medan untuk berpartisipasi dalam memeriahkan acara akbar ini.

“Orang jawa sebagai etnis/suku yang sangat besar, akan sangat merugikan jika tidak kita guyubkan. Seperti pepatah jawa bilang, Wong Jowo Ojo Ilang Jowone. Alias orang jawa jangan ilang jawanya. Dan semua itu bisa dibangun dengan diawali mengikuti acara ini,” ucap Amas.

Amas juga berharap agar acara ini mampu beralan sukses dan seluruh elemen mampu bekerjasama untuk kelancaran acara GEMA PUJAKESUMA ini. Dan tentunya, misi utama mendirikan komisariat-komisariat di seluruh kampus di kota Medan dapat terlaksana

Harapannya acara ini bisa berjalan dengan sukses. Seluruh stakeholder dapat bekerjasama untuk menyukseskan acara nya. Dan lebih dari itu, keterlibatan rekan-rekan mahasiswa Jawa se-kota Medan dapat dimaksimalkan agar kedepan bisa kita bangun komisariat-komisariat di seluruh kampus di Medan,” tuturnya sebagai penutup.

Bercengkerama dengan saudara sedulur se-kota Medan tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Jadi tunggu apalagi? Ayo daftarkan dirimu pada acara Silaturahmi Akbar Mahasiswa Keturunan Jawa Se-Kota Medan! Wong Jowo Ojo Lali Jowone!

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menangkan Kompetisi Debat Hukum, Delegasi FH USU Tekankan Kerja Sama Tim yang Baik

redaksi

Pupuk Kreativitas di Tengah Pandemi, PEMA FKM USU Adakan COVID

redaksi

Rektor USU beserta Jajarannya Laksanakan Kurban di FISIP USU

redaksi