SUARA USU
Kabar Kampus

Gelar PEKSIMA USU 2024, Bersama Harapan Menuju PEKSIMINAS.



Reporter: Jesika Yusnita Laoly
Suara USU, Medan. Pekan Seni Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEKSIMA USU) 2024 sukses dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 Mei, dengan 14 jenis tangkai lomba. Acara ini bertujuan untuk menyaring bakat seni di kalangan mahasiswa USU yang nantinya akan mewakili universitas di ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) dan selanjutnya di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) 2024. Puncak acara berupa awarding diadakan pada 17 Mei 2024 di Gelanggang Mahasiswa.

Muhammad Gahara ST., M.T, Manajer Pengembangan Karakter Kreativitas dan Prestasi Mahasiswa di Ditmawalumni USU, menjelaskan bahwa peran Ditmawa adalah mengorganisir kompetisi di bidang seni yang dapat meningkatkan prestasi mahasiswa USU di tingkat nasional dan internasional.

“Pelaksanaan PEKSIMA ini adalah langkah awal untuk menyaring mahasiswa yang akan dikirim ke PEKSIMIDA dan PEKSIMINAS. Kami ingin mendapatkan bibit unggul yang dapat mengharumkan nama universitas,” ujarnya.

Gahara juga menyoroti upaya yang dilakukan untuk memastikan pelaksanaan acara berjalan lancar, mulai dari sosialisasi melalui media sosial hingga surat resmi kepada fakultas. “Walaupun animonya belum optimal, ada peningkatan partisipasi dibanding dua tahun lalu. Kami berharap kegiatan ini terus mengalami progres positif di masa depan,” tambahnya.

Gray Nori Turnip, salah satu panitia PEKSIMA USU dari UKM PS Ulos, menambahkan bahwa tahun ini adalah pertama kalinya UKM PS Ulos menjadi panitia. “Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan setiap dua tahun sekali dan pemenang dari PEKSIMA USU dapat berprestasi di tingkat daerah dan nasional,” katanya. Salah satu tantangan utama dalam persiapan acara ini adalah kurangnya waktu dan sosialisasi, seperti yang disampaikan oleh Efrida Yanti Siregar, panitia acara.

“Kami hanya memiliki dua minggu untuk persiapan. Tantangan terbesar adalah mencari peserta karena kurangnya sosialisasi. Harapan kami di masa depan, persiapan dilakukan beberapa bulan sebelumnya agar lebih banyak yang mengetahui dan ikut serta,” ungkapnya.

Angelika Simanjuntak, juara 1 tangkai lomba lukis, berharap dapat terus berprestasi hingga tingkat nasional dan berharap arap panitia dapat memberikan informasi yang lebih jelas di masa depan. “Semoga bisa lolos sampai tingkat nasional, dan semoga aku nantinya bisa lebih baik dan tidak mudah goyah melihat peserta dari universitas lain. Aku juga berharap agar untuk kedepannya panitia memberikan informasi lebih jelas karena kemarin kerap kali terjadi miscom antara panitia dan peserta,” ujar Angelika.

Disisi lain, meskipun terdapat 14 jenis tangkai lomba yang dipertandingkan, satu tangkai lomba, yaitu penulisan lakon, tidak memiliki peserta yang mendaftar sehingga tidak ada pemenang dalam kategori tersebut. Berikut ini adalah daftar pemenang PEKSIMA USU 2024:

Dalam lomba fotografi, juara pertama diraih oleh Suci Say’sah dan juara kedua oleh Aska Skata. Lomba lukis menobatkan Angelika Simanjuntak sebagai juara pertama, Muhammad Afif Zain sebagai juara kedua, dan Naira Aliya Surbakti sebagai juara ketiga.

Pada lomba komik, Fahri Salim keluar sebagai juara pertama, disusul oleh M. Fadlur Rahman Al Mubarok sebagai juara kedua, dan Muktasimah Nasution sebagai juara ketiga. Untuk lomba desain poster, juara pertama diraih oleh Pebri Adi Zebua, juara kedua oleh Said Algunawar, dan juara ketiga oleh Muhammad Hafaz Assufy.

Dalam kategori menyanyi lagu dangdut, untuk putra, juara pertama diberikan kepada Gio Tara Risky Sinaga, juara kedua kepada Azhari Alfian Reza, dan juara ketiga kepada Andre Sando Nahampun. Untuk putri, juara pertama diraih oleh Rekisha Ainur Ramadani. Pada lomba menyanyi lagu seriosa untuk putra, Riki Mega Pratama Nduru menjadi juara pertama, diikuti oleh Matius Alfaro Sitorus di posisi kedua, dan Enrico Franditho Sihombing di posisi ketiga.

Lomba menyanyi lagu keroncong putra menobatkan Perdinal Edo Perwira Simbolon sebagai juara pertama. Dalam lomba menyanyi lagu pop untuk putra, Miftahussakdan meraih juara pertama, Jeremi Sabatian Pelawi juara kedua, dan Muhammad Khalish juara ketiga. Untuk putri, Regina Tessalonika Grace Kazie menjadi juara pertama, Theresia Sihol Marito Simarmata juara kedua, dan Melati Ayu Honetta Manurung juara ketiga.

Dalam lomba penulisan cerpen, Zahra Salsabila meraih juara pertama, diikuti oleh Athaya Zelmifa Nasty sebagai juara kedua, dan Ahmad Yani sebagai juara ketiga. Pada lomba penulisan puisi, Khaira Nazira menjadi juara pertama, Syahputri Mariani Hasibuan juara kedua, dan Habrian Efendi Lubis juara ketiga.

Lomba pembacaan puisi untuk putra menobatkan Dian Aulia Sitompul sebagai juara pertama, Giwang Alyada Sebayang sebagai juara kedua, dan Ammar Fauzan Kamil sebagai juara ketiga. Untuk putri, juara pertama diraih oleh Jasmine Anastasya Widy, juara kedua oleh Siti Maryani Saragi, dan juara ketiga oleh Dian Jelita Manik.

Pada lomba monolog, Juliano Adjie Mansiz meraih juara pertama, Yeni Sukmo Yunita juara kedua, dan Luis Halim juara ketiga. Lomba vocal group diikuti oleh tim yang terdiri dari anggota: Sakdan, Gloria AM Simbolon, Putri G Purba, Gracia M Tamba, Fira, Dian J Manik, Jeremy S Pelawi, Mariana C Tamba, dan Angela Ginting.

Acara awarding ini ditutup dengan persembahan penampilan yang memukau dari panitia PEKSIMA USU 2024 yakni PS ULOS. Pertunjukan ini menjadi penutup yang sempurna untuk rangkaian acara yang penuh dengan kreativitas dan semangat kompetisi. Dengan berakhirnya PEKSIMA USU 2024, diharapkan para pemenang dapat terus mengasah bakatnya dan membawa nama baik Universitas Sumatera Utara di ajang PEKSIMIDA dan PEKSIMINAS 2024.

Redaktur: Khaira Nazira


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mahasiswa USU Angkatan 2022 Sudah Bisa Ambil KTM Mulai Besok, yang VA BNI Ya!

redaksi

Mahasiswa Fasilkom – TI Berhasil Raih Juara 1 dalam Perlombaan Youth Ideannovation 2023

redaksi

HMM Adakan Rapat Kerja, Ini Terobosan Barunya!

redaksi