SUARA USU
Kabar SUMUT

PJTD LPM Teropong UMSU 2024, Harap Dapat Tingkatkan Kompetensi dan Kapabilitas Pers

Reporter: Deva Junita Graciela Simanjuntak

SUARA USU, Medan. Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) telah selesai melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada Sabtu, 18 Mei 2024 di Aula Masjid Taqwa Setia Budi. Kegitan ini merupakan program kerja rutin yang dilakukan setiap tahunnya dan terbuka untuk umum. Pelaksanaan PJTD ini mengusung tema “Meningkatkan Kompetensi dan Kapabilitas Pers yang Kreatif, Berdaya Saing dan Unggul di Era Revolusi Industri 5.0”.

Tema dari PJTD ini diambil atas dasar melihat perubahan yang ada di dunia sangatlah cepat, ditandai dengan hadirnya robot-robot pintar yang meringankan pekerjaan manusia seperti hadirnya aplikasi-aplikasi pintar dan sebagainya. “Melalui PJTD ini, saya memiliki harapan kepada seluruh anggota magang dan seluruh peserta PJTD agar dapat meningkatkan kompetensi dan kapabilitas sehingga mampu memiliki daya saing di era aplikasi Artificial Intelligence,” ungkap Fadly Zikri selalu ketua panitia.

Materi pertama dengan tema Live Report dibawakan oleh Muhammad Dinal Apriansyah, 5.1.Kom, yang merupakan Reporter DAAI TV Medan, dilanjutkan dengan materi kedua yang dibawakan oleh Bahri, S.Sos, M.L.Kom yang merupakan Produser KOMPAS TV Medan dengan tema materi Video Jurnalistik. Setelah pemaparan kedua materi ini, peserta diberikan tantangan untuk membuat video live report sebagai pengaplikasikan dari pemaparan materi yang telah dibuat. Dengan waktu kurang lebih 2 jam untuk membuat video, kemudian peserta diminta mengumpulkan video tersebut untuk diseleksi.

Pemaparan materi ketiga selanjutnya dibawakan oleh Sutanta Aditya dengan tema Fotografi. Beliau merupakan anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa “Photos have a thousand notes and the video has a thousand photos.”

Salah satu peserta PJTD yaitu Adimas Dwipangga yang merupakan anggota magang UMSU membagiakan kesan dan pesannya pada kegitan PJTD hari ini “Saya merasa senang karena ini merupakan pengalaman terbaru saya mengikuti PJTD dan menambah ilmu di dalam jurnalistik. Pesannya untuk kedepannya semoga kegitan PJTD ini masih dilakukan lagi dan lebih meriah lagi, ” ucap Adimas.

 

Di sisi lain, Novilya Musfira Bahri peserta PJTD asal LPM Dinamika juga membagikan perasaannya setelah mengikuti kegiatan PJTD. “Pelatihan hari ini sangat seru ya, karena juga pemateri-pemateri yang didatangkan itu sangat handal dan berpengalaman dibidangnya.” Novilya juga menyampaikan harapannya semoga kedepannya kegiatan PJTD LPM Teropong dapat mengundang pemateri-pemateri yang lebih besar lagi seperti dari media pers nasional.

Redaktur: Khaira Nazira


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Tulis Harapan, Inilah Festival Bunkasai Jepang Adakan Tanabata 

redaksi

Analisis Manfaat Penggunaan PLN Mobile Pada Bagian Pelayanan Pelanggan di PLN ULP Medan Baru

redaksi

TikTok Shop Ditutup Menuai Pro dan Kontra di Masyarakat

suarausu