SUARA USU
Kabar Kampus

Penerimaan Jalur SMM PTN-Barat 2024

Reporter : Nisya Augia dan Katrin Alina

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara telah membuka pendaftaran jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN Barat). SMM PTN Barat adalah seleksi calon mahasiswa melalui jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat.

Pendaftaran SMM PTN Barat 2024 dibuka pada 4 Mei, dengan masing-masing peserta membayar sebesar Rp.375.000. USU menjadi salah satu Universitas yang terpilih dari 25 PTN yang terdaftar.

Adapun materi ujian SMM PTN Barat terdiri dari tes potensi skolastik, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Sistem seleksinya berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Untuk lokasi ujian peserta SMM PTN Barat 2024 adalah di PTN terdekat dari domisili peserta saat ini dan lokasi ruang ujian diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing PTN.

“SMM PTN Barat tahun ini bisa memilih 4 pilihan prodi, dengan pilihan prodi di dalamnya ada 2 prodi diploma” ucap Pak Ikhsan selaku Direktur Pengembangan Pendidikan.

Pak ikhsan juga menyebut, kuota untuk Seleksi Mahasiswa Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat sekitar 5% , dengan membuka SMM PTN Barat ini menjadi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin bergabung di Universitas Sumatera Utara (USU).

Pendaftaran ujian tulis dapat dilihat melalui https://pendaftaran.smmptnbarat.id/

Redaktur : Evita Sipahutar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Adakan Pelantikan, Kepengurusan HMK FEB USU Siap Meluncurkan Program Kerja yang Unggul

redaksi

Harapan dan Tantangan PEMA FISIP USU di Nakhoda Baru Mahogra – Rayner

redaksi

USU Siap Lepas 2.000 Mahasiswa Program KKN-T USU 2022

redaksi