SUARA USU
Kabar Kampus

HN Virtual Event 2021, Tingkatkan Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Petani Indonesia di Era Society 5.0

Oleh: Annisa

Suara USU, Medan.  Fakultas Pertanian USU menyelenggarakan webinar nasinal HN Virtual Event 2021 yang bertemakan “Smart Farming untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani Indonesia di era society 5.0” ini diadakan melalui via zoom meeting, pada sabtu (20/11).

HN Virtual Event ini menghadirkan 4 pemateri dalam kegiatan webinar ini, yakni Ir.Hj.Emilia lubis selaku Kepala dinas ketahanan pangan kota Medan, Andi bacthiar selaku Curriculum Development Lead Tani Academy TaniHub Group, Heru Aji selaku praktisi PT.ASA PORANG, dan yang terakhir Dr.Ir.Tavi supriana MS selaku dekan Fakultas Pertanian USU. Opening speech oleh Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumatra Utara.

Ir.HJ.Emilia Lubis berkesempatan membawakan materi pertama mengenai kualitas konsumsi dan kualitas gizi lalu bisa diliat ketersediaan cadangan dan impor dan kemudian aksesibilitas kita liat dari keterjangkauan harga dan menindak para distributor yang menimbun pangan-pangan tersebut sehingga harga dapat dijangkau oleh masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua Andi Bacthiar dari TaniHub yang membawakan materi berkaitan dengan 33.5 juta petani menghadapi tantangan lain bagi bisnis.TaniHub group juga berusaha untuk membawa “agriculture for everyone” tidak hanya untuk petani tetapi untuk semua kalangan baik dari konsumen, produsen, akademis.TaniHub group memiliki 6 cabang diseluruh Indonesia. Jadi, intinya TaniHub group memiliki 3 pilar yaitu agriculture, technology, dan social impact.

Dr.Ir.Tavi supriana juga berkesempatan menyampaikan materi yang sama dengan acara webinar ini membahas mengenai smart farming. Menurut Tavi pemerintah memberikan fasilitas dan sarananya untuk petani dan itu bukan hal yang sulit, hanya dibutuhkan orang ketiga untuk menghubungkan petani dengan teknologi supaya lebih mudah,” tutup Tavi.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PEMA USU Adakan Rekrutmen Terbuka Panitia UNSPA 2022

redaksi

Kelompok 7 Dos Ni Roha Belajar dan Mengetahui Perkembangan Pos Indonesia dari Dulu hingga Sekarang

redaksi

Sah, Rizky-Anas Terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang Diakui Rektorat

redaksi