SUARA USU
Kabar Kampus

Webinar LOL 2021, Tekankan Pentingnya Jiwa Kepemimpinan dan Integritas

Oleh: Anna Fauziah Pane

Suara USU, Medan. Divisi Pengembangan Organisasi Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (DPO IMAJINASI) FISIP USU mengadakan webinar berkonsep kepemimpinan dan pengembangan diri. Kegiatan yang dinamakan Leadership Out Loud (LOL) ini mengangkat tema “Great Future Starts From You”. Webinar ini dilaksanakan pada Sabtu (20/11) pukul 13.00 WIB melalui Zoom Meeting.

Menghadirkan Obo Asmara yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi FISIP USU sebagai pemateri pertama dan Zaky Alfahmi selaku Ketua Umum PPI UAE 2020-2021 & Wakil Koordinator Timur Tengah dan Afrika sebagai pemateri kedua. Acara dipandu oleh Jenni Sihombing dan Azzahra Dinda Khairani selaku moderator.

Webinar Leadership Out Loud (LOL) ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa, tetapi juga dihadiri oleh beberapa dosen Ilmu Komunikasi dan beberapa teman teman dari Malaysia.

Kata sambutan disampaikan oleh Arief Marizki Purba selaku dosen pembimbing yang mengungkapkan bahwa ia sangat bangga dengan kinerja panitia karena suksesnya terselenggara webinar LOL ini.

Webinar kemudian dilanjutkan dengan pembawaan materi mengenai kepemimpinan oleh Obo Asmara. Obo menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah proses mengarahkan atau memberi contoh dari seorang pemimpin kepada pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi.

“Tidak semua orang harus menjadi pemimpin, tetapi semua orang harus memiliki jiwa kepemimpinan,” ungkap Obo. Obo berharap setelah mengikuti webinar ini, peserta bisa membangun rasa kepemimpinan pada apa pun yang sedang digeluti, baik dalam skala kecil maupun besar.

Untuk materi selanjutnya dibawakan oleh Zaky yang membahas mengenai leadership dan integritas berdasarkan pengalaman pribadinya saat menjabat di Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia).

“Integritas ini sangat penting bagi seorang pemimpin. Pemimpin dengan integritas yang tinggi akan selalu patuh dan taat terhadap setiap aturan yang berlaku. Ketika seorang pemimpin tergoda untuk menyalahgunakan wewenang dan kekuasaannya, maka integritas itu sendiri akan membantu seorang pemimpin tetap pada arah yang benar. Begitu juga ketika orang lain mengkritik dirinya dengan kalimat yang tidak adil, integritas membantu dirinya untuk terus berjalan dan memilih jalan yang benar dengan tidak membalas,” ungkap Zaky.

Terakhir pada closing statement, Zaky mengungkapkan bahwa seorang pemimpin yang berintegritas, tidak akan mudah terpengaruh terhadap godaan korupsi atau memperkaya diri dengan menyalahgunakan wewenang dan kekuasaannya.

“Seorang pemimpin hadir bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani” tutup Zaky.

Redaktur: Yessica Irene

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

USU Hadirkan Babe Cabita dan Lolox di Pembukaan PKKMB USU 2022

redaksi

Fakultas Pertanian USU Sukses Adakan Dialog Interaktif Agriculture PSBB (Productive, Sure, Better, and Beneficial)

redaksi

Cagub 02 FISIP USU : Menang Itu Tujuan, Kalah Itu Harus Siap

redaksi