SUARA USU
Kabar Kampus

IMBA USU Adakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Penulis: Agus Nurbillah

Suara USU, MEDAN. Ikatan Mahasiswa Bahasa Arab (IMBA) Universitas Sumatera Utara, telah melaksanakan pelatihan karya tulis ilmiah (2/10/2021). Pelatihan yang dibawakan oleh Risris Salmah Andrian dan Mutiara Firanty ini dilaksanakan secara hybrid, online melalui Zoom Meeting dan offline dilaksanakan di Tower Coffe, Medan.

Fazli Ahmad Nasution selaku Kabid P&PIP IMBA USU menyebutkan, kegiatan ini merupakan program IMBA pertama dengan sistem hybrid. Baik online dan offline para peserta bisa mnerima esensi dari kegiatan pelatihan ini.

“Materi KTI ini penting bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan kita, untuk skripsi nantinya, perlombaan, dan sebagainya. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua,” imbuhnya.

Risris Salmah Andrian, Mahasiswa Berprestasi 4 tingkat Sarjana FIB USU 2021 sebagai pemateri pertama. Risris yang mumpuni dalam bidang kepenulisan KTI telah banyak memenangkan berbagai perlombaan KTI. Di awal materi, ia memaparkan tentang abstrak yang terdapat dalam KTI itu sendiri.

“KTI itu adalah sebuah tulisan yang isinya teori dan gagasan yang bersifat ilmiah. Pada bagian abstrak, itu kita anggap  seperti sinopsis. Biasa untuk abstrak dibatasi tergantung oleh pihak penyelenggara KTI.” Tutur Risris saat memaparkan materinya.

Risris juga menambahkan tentang jenis-jenis karya tulis ilmiah, diantaranya seperti makalah, skrispi, tesis, disertasi, artikel, esai. Untuk abstraknya itu sendiri, diilustrasikan seperti segitiga yang mengerucut.

Lebih lanjut materi dibawakan oleh Mutiara Firanty. Mahasiswa Berprestasi 2 Fakultas Teknik USU ini juga memiliki banyak prestasi di bidang kepenulisan KTI. Di awal pemaran materinya, Mutiara menyebutkan bahwa mengejar IPK itu mudah, dia mencari pengalaman melalui organisasi dan berbagai perlombaan.

“Untuk membangun ide pada KTI ada beberapa yang perlu diperhatikan, ide itu haruslah inovatif, kreatif, reasonable, dan realistis,” ucap Mutiara.

Selanjutnya Mutiara menjelaskan sistematika penulisan KTI, mulai dari bagian awal hingga kesimpulan. Bagian per bagian ia jelaskan serta memberi contoh pada setiap struktur KTI yang dia sampaikan.

Terakhir, Mutiara memberikan beberapa tips kepada peserta agar bisa menjadi pemenang dalam perlombaan KTI, diantaranya percaya diri, berkumpul dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama, melibatkan Tuhan dalam setiap langkah, menikmati proses serta harus banyak berlatih.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf

Related posts

Kolaborasi SGC USU dan IZI Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia

redaksi

Praktikum Tetap ada Selama Lockdown, Bagaimana Nasib Mahasiswa perantauan ?

redaksi

Inter Coffee Shop USU: Tuntutan Ekonomi, Tutup Mata Akan Pandemi, atau Memang Tak Berempati?

redaksi