SUARA USU
Kabar Kampus

Ini Dia, Sederet Kategori di Ajang Bergengsi MTQM USU 2022

Reporter: Nurseha

Suara USU, MEDAN. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Universitas Sumatera Utara (LTPQ- USU) secara resmi mengadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) 2022 yang akan berlangsung pada 7 – 9 Oktober mendatang di Gelanggang Mahasiswa secara offline. Melalui laman instagram @lptqusu, pendaftaran dibuka dari 13 – 23 September dan selanjutnya akan diadakan technical meeting pada 5 Oktober mendatang (23/9).

MTQM LTPQ-USU terbagi menjadi enam bidang perlombaan, yaitu: Musabaqoh Tilawah Qur’an, Musabaqoh Tartilil Qur’an, Musabaqoh Hifzil Qur’an 1, 3, dan 5 juz, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Musabaqoh Syarhil Qur’an, Musabaqoh Khottil Qur’an Kotemporer dan Dekorasi, Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al Qur’an, Musabaqoh Desain Aplikasi Al Qur’an, dan Musabaqoh Debat Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Ketua Panitia MTQM, Muhammad Rafly Ihsan As Siddiq menjelaskan bahwa tujuan diadakannya perlombaan MTQM ini adalah berdasarkan pengalaman prestasi yang telah dicapai oleh kafilah USU pada MTQ Mahasiswa Nasional 2017 di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Lalu MTQ Mahasiswa Nasional 2019 di Universitas Syiah Kuala, dan MTQ Mahasiswa Nasional 2021 di Universitas Lambung Mangkurat. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa USU mempunyai bakat dalam hal pengembangan ilmu Al-Qur’an walaupun tidak ada mata kuliah yang ditawarkan berkaitan dengan ilmu Al- Qur’an.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah kegiatan yang dapat membina, menampung, dan mengasah bakat mahasiswa tersebut yang kemudian akan diutus  sebagai perwakilan Universitas Sumatera Utara ke tingkat nasional pada tahun yang akan datang. Selain itu, dalam rangka mengembangkan minat dan bakat, serta membina kreativitas-kreativitas mahasiswa dan mencari bakat yang terpendam dalam bidang ilmu Al-Qur’an, juga pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa sebagai upaya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman dan penghayatan dan penghayatan terhadap isi kandungan Al-Qur’an.

“Benefit yang kita dapat nantinya pada MTQM di antaranya trophy dan sertifikat, serta uang pembinaan, yang tak kalah penting adalah relasi yang akan kita dapatkan, bertemu dan berkumpul dengan orang – orang yang mencintai Al-Qur’an,” jelas Rafly.

Mahasiswa S-1 Fisika stambuk 2020 tersebut juga menambahkan, acara MTQM ini menjadi ajang untuk mahasiswa Muslim agar senantiasa meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah, mendekatkan diri untuk hidup bersama Al-Quran serta selalu menjaga niat Lillahi Ta’ala atau ikhlas semata-mata hanya untuk mengharap ridho Allah semata.

“Semoga MTQM yang akan dilaksanakan tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan dimudahkan oleh Allah serta mendapatkan keberkahan-Nya, dan saya harap dengan adanya kompetisi ini menjadi satu loncatan untuk kita agar bisa berlomba-lomba dalam kebaikan.” Tutupnya.

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Hatta Muda Institute Gelar Pelatihan Daring bertema “Kolaborasi Pemuda untuk Indonesia”

redaksi

Strategi Digital Marketing (Studi Kasus Fetching Foodies)

redaksi

Mari Mengenal Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia!

redaksi