SUARA USU
Kabar SUMUT

ISPI Sumut Adakan Bimtek Pengawas Bibit Guna tingkatkan Jumlah dan Mutu Bibit Ternak

Reporter: Tsabitah Syafanaura

Suara USU, Medan. Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan Seminar Nasional. Pembukaan kegaitan ini telah dilaksanakan pada Kamis (23/11). Nantinya kegiatan akan dilaksanakan dalam 3 hari, dari 23 hingga 25 November 2023. Berlokasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut, Jalan Perintis Kecamatan Medan Timur.

Kadis Perkebunan dan Peternakan Sumut, M. Zakir Syarif Daulay, dalam hal ini diwakili oleh Azhadi Halomoan, menyampaikan pesan tentang peran strategis pembangunan peternakan dalam menciptakan pasokan pangan dari sumber hewan di Indonesia.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Azhadi bahwa pengawasan bibit ternak maka dibutuhkan petugas yang bersertifikasi dalam pengawasan bibit ternak hal itu diharapkan dari Bimbingan Teknis (Bimtek) ini agar dapat mencapai tujuan untuk memperoleh tenaga kerja yang mampu melakukan seleksi terhadap bibit-bibit ternak terbaik hingga dalam peningkatkan kualitas.

“Namun kita membutuhkan beberapa petugas yang memiliki sertifikasi terkait dengan pengawasan bibit ternak ini. Oleh karena itu pemerintah daerah provinsi Sumatera Utara memberi ruang terkait dengan pengisian jabatan fungsional pengawasan bibit ternak,” tutur Azhadi.

Saat ini, Sumatera Utara belum menjadi sumber bibit ternak di Indonesia. Hal ini menjadi alasan bahwa belum tersedia stok bibit unggul yang memadai untuk diekspor. Kegiatan bimtek ini diharapkan dapat mendorong terus mendapatkan bibit unggul melalui proses seleksi.

Mengingat Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut bertanggung jawab terhadap kelayakan ternak, Azhadi berharap bahwa melalui bimtek ini, ke depannya dapat dilakukan pengawasan yang lebih baik terhadap kualitas bibit ternak.

“Jadi kedepannya bisa kita seleksi bibit ternak yang baik dan tidak, agar menjadikan bibit yang baik untuk meningkatkan populasi,” tutup Azhadi.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Program “Freedom Space” untuk Anak-Anak Tunanetra di Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) Sumatera Utara oleh Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial USU

redaksi

SMK Swasta SPP SNAKMA Medan, Center of Excellence Kota Medan

redaksi

Kronologis Lengkap Aksi KAMMI SUMUT dan Aliansi Mahasiswa Sumut Bersatu Tolak Kenaikan BBM

redaksi