SUARA USU
Bedah Jurusan

Jurusan Ilmu Keperawatan, Jurusan Incaran di Bidang Kesehatan

Oleh : Cindy Shafira Putri

Suara USU, Medan. Bagi kamu yang memiliki minat pada dunia kesehatan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan program studi Ilmu Keperawatan. Jurusan Keperawatan merupakan salah satu jurusan atau program studi di rumpun Saintek. Jurusan yang terkenal dengan suntik-menyuntiknya ini menjadi salah satu incaran buat mahasiswa baru yang ingin kuliah di jurusan kesehatan. Selain Kedokteran, jurusan Keperawatan juga memiliki peminat yang cukup banyak di setiap tahunnya.

Kuliah di Keperawatan itu, ngapain aja, sih? Banyak orang beranggapan bahwa Keperawatan adalah jurusan yang belajar seputar menyuntik dan infus saja. Hingga tak jarang yang mengira bahwa Keperawatan sama dengan jurusan Kedokteran. Padahal Keperawatan dan Kedokteran memiliki fokus berbeda dalam dunia Kesehatan.

Perjalanan pendidikan jurusan Keperawatan

Nah, jurusan keperawatan ini menjadi bidang studi yang menyiapkan kamu menjadi seorang perawat. Tentunya harus dengan menjalani pendidikan yang cukup panjang hingga selesai. Di Universitas Sumatera Utara sendiri, pendidikan calon perawat dapat ditempuh pada jenjang Diploma dan Sarjana. Tidak hanya itu, setelah kamu mendapat gelar A.Md.Kep (Ahli Madya Keperawatan) maupun S.Kep (Sarjana Keperawatan), kamu masih akan melanjutkan pendidikan yang disebut dengan Pendidikan Profesi.

Setelah menjalani pendidikan hingga tahap akhir, tentunya gelar kamu akan bertambah Ners yang disingkat dengan S.Kep., Ns, yang menandakan kamu sudah siap memasuki dunia kesehatan yang sesungguhnya.

Apa saja sih, yang dipelajari di Ilmu Keperawatan USU?

Di jurusan ini, selain mempelajari dan mengkaji ilmu sains yang dipadu dengan sosial juga akan mempelajari tindakan perawatan kepada pasien. Karena jurusan ini selalu diiringi dengan praktikum dan juga skill lab, baik di laboratorium atau lapangan seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Sehingga mengharuskan kamu untuk memberikan pelayanan kesehatan pada pasien.

Jurusan ini memiliki banyak mata kuliah yang akan menempah serta membina para mahasiswa yang berkompeten di bidang kesehatan seperti mata kuliah Keperawatan Dasar, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Gawat Darurat, hingga Keperawatan Maternitas dipelajari.

Bagaimana prospek karir jurusan Keperawatan?

Di era Jaminan kesehatan Nasional (JKN) tenaga kesehatan khususnya keperawatan sangat diperlukan, dikarenakan jumlah kunjungan pasien dan jumlah kepesertaan JKN yang terus meningkat. Mungkin sedikit berbeda dengan pandangan orang awam yang mengganggap jurusan ini hanya sebagai pembantu dokter, padahal dalam perundang-undangan dunia medis ada yang namanya kolaborsi antar sesama tenaga kerja Profesi, lho.

Untuk prospek kerja, jurusan ini juga menawarkan segudang profesi dan karier yang menjanjikan bagi para mahasiswa dan lulusannya. Mulai dari menjadi perawat di instansi pelayanan kesehatan, tenaga pendidikan, praktik mandiri seperti home care, membuka klinik, bahkan peluang kerja perawat di luar negeri sangat luas. Hal ini juga didukung selama perkuliahan, para mahasiswa diberikan ilmu serta pembekalan yang tak hanya terkait teoritis, tetapi juga keilmuan lain sehingga para lulusan Keperawatan dapat bersaing di berbagai sektor di dunia kerja.

 

Keunikan Jurusan Keperawatan USU, Memangnya Ada?

Yupss, Ilmu Keperawatan di Universitas Sumatera ini memiliki mata kuliah khas yang di khususkan untuk mahasiswa baru di setiap tahunnya. Yaitu mata kuliah caring, atau yang dikenal dengan sebutan ilmu kepedulian. Singkatnya, mata kuliah caring adalah mata kuliah yang mempelajari tentang bagaimana seorang perawat memahami tentang teori kepedulian dan mengaplikasikannya dalam pemberian pelayanan kepada pasien. Bukan sembarang caring, untuk dapat memahami dan mengaplikasikan mata kuliah ini juga harus berlandaskan para ahli teori dan falsafah juga,lho!

Selain itu pula, Fakultas Keperawatan USU juga memiliki jargon khusus, yaitu Salam Ligat Dame!  yang bermakna sesuai dengan visi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara sendiri, yaitu menjadikan institusi pendidikan yang menghasilkan lulusan yang kompetitif dan unggul dengan pendekatan holistic caring berdasarkan kajian ilmiah, moral, dan hati nurani di tingkat nasional serta mendapat pengakuan di Internasional pada tahun 2021.

Nah, jika kamu adalah seseorang yang suka mempelajari tentang ilmu kesehatan, ingin terjun langsung untuk merawat masyarakat, dan ingin memiliki prospek kerja go International, kamu harus mencoba kuliah di jurusan yang satu ini. Karena jurusan ini tak hanya menjadi ladang pahala untukmu, tetapi kamu akan menjadi lebih peduli terhadap lingkungan di sekitar kamu!

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Jurusan Etnomusikologi, Hanya Main Alat Musik?

redaksi

Selangkah Lebih Dekat Mengenal Sastra Jepang USU!

redaksi

Yuk, Mafhum dengan Fakultas Hukum!

redaksi