SUARA USU
Bedah Jurusan

Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan, Belajar dan Kerja Apa?

Penulis: Hanna Letare dan Nadya Nurhaliza

Suara USU, Medan. Manajemen Sumber Daya Perairan merupakan salah satu program studi berakreditasi B yang berada di Fakultas Pertanian. Program studi ini berfokus pada ilmu tentang kegiatan atau proses perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan juga pengelolaan sumber daya perairan yang mencakup ilmu IPA dasar, planktonologi, iktiologi, dan banyak lagi.

Mahasiswa Program Sarjana Manajemen Sumber Daya Perairan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembelajaran dan pengalaman langsung melalui kuliah kerja lapangan serta magang di berbagai institusi terkait, seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, pusat pelatihan perikanan, dan lembaga penelitian kelautan dan perikanan. Selain itu, lulusan program ini memiliki peluang untuk bekerja di berbagai instansi seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Penyuluhan, Pelabuhan Perikanan, Organisasi Internasional, dan masih banyak lagi. Kurikulum yang disusun oleh program ini juga mendorong mahasiswa untuk menjadi mandiri dan mampu menciptakan peluang kerja di bidang kreatif ilmu komunikasi, sehingga mereka siap bersaing secara global.

Bagaimana prospek kerja jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan?

Mahasiswa program sarjana Manajemen Sumber Daya Perairan berhak menyandang gelar Sarjana Perikanan (S.Pi.) setelah memperoleh minimum 144 SKS sesuai persyaratan kurikulum yang ditetapkan. Mahasiswa lulusan program studi Manajemen Sumber Daya Perairan yang memiiki kemampuan analisis, pengelolaan, perencanaan, dan pengembangan sumber daya perairan memiliki kesempatan besar menjadi calon Peneliti, Manajer, Pengusaha Perikanan, dan sejenisnya.

Dan untuk jurusan ini memiliki kompetensi dalam bidang bio-ekologi sumberdaya perairan, konservasi perairan, maupun ekowisata.

Kalau kamu seorang yang menyukai pembelajaran tentang fenomena yang ada di lingkungan masyarakat seperti konservasi perairan, dan ingin menyelesaikan segala persoalan yang ada, kamu harus mencoba dan mengambil jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan di kampus yang kamu inginkan nanti. Hal itu merupakan kesempatan emas bagi kamu untuk memulai belajar dan terus berkembang yang sesuai dengan minat yang kamu ambil. Karena jurusan ini tak hanya seru, tetapi kamu akan terjun langsung ke lapangan yang berhubungan dengan teknologi.

Reporter: Taty Kristina 

.


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Jurusan Ilmu Komputer, Sekeren Apa Sih?

redaksi

Mengenal Lebih Dekat Fakultas Kehutanan USU!

redaksi

Mengenal Lebih Dekat dengan D3 Keuangan USU

redaksi