SUARA USU
Bedah Jurusan

Jurusan Ilmu Komputer, Sekeren Apa Sih?

Penulis: Restiani Lumban Gaol

Suara USU, Medan. Apa yang ada di benak kalian saat mendengar jurusan Ilmu Komputer? Coding? Pemrograman? Loh, bukannya itu jurusan Teknik Informatika? Atau justru Sistem Informasi? Banyak orang menganggap atau bahkan tidak bisa membedakan antara jurusan Ilmu Komputer dengan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan jurusan ‘perkomputeran’ lainnya.

Singkatnya, ketiga jurusan tersebut berbeda dalam hal peran dan kegunaannya. Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Mahasiswa akan diberikan keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak. Sedangkan Teknik Informatika mempelajari penggunaan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Sementara itu, Sistem Informasi adalah bidang yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Di jurusan ini, mahasiswa mempelajari mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan dan merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Nah, kali ini kita membahasa Ilmu Komputer. Ilmu komputer (computer science) berasal dari kata komputasi (computing) dan ilmu (science), artinya ilmu  yang mempelajari tentang komputasi lewat berhitung dengan menggunakan komputer. Mungkin sedikit berbeda dengan pandangan orang awam yang mengganggap jurusan ini hanya seputar membuat website atau aplikasi, coding, bahkan desain grafis.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, hanya saja perlu ditekankan bahwa jurusan Ilmu Komputer umumnya membuat, memodifikasi, dan meningkatkan algoritma. Kebanyakan mata kuliah di jurusan ini menawarkan kuliah inti dengan dasar the science of computing untuk memecahkan masalah dengan algoritma. Algoritma sendiri adalah serangkaian langkah komputasi untuk memecahkan masalah.

Jurusan Ilmu Komputer sudah ada di USU sejak 2001 dan kini berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI). Jurusan ini termasuk salah satu jurusan bergengsi yang banyak diminati. Dapat dilihat dari banyaknya pendaftar dari tahun ke tahun yang rata-rata mencapai 5.000 pendaftar dan hanya menerima sekitar 150 mahasiswa per angkatannya. Ilmu Komputer USU juga telah terakreditasi A sesuai dengan Sertifikat Akreditasi BAN PT No. 247/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013.

Peminatan dan Organisasi di Ilmu Komputer USU

Di USU, jurusan Ilmu Komputer menawarkan mata kuliah peminatan sejak semester 4 dan ada lima mata kuliah yang dapat dipilih, yakni Information Retrieval System (IRS), Sistem Komputer dan Nirkabel Bergerak, Natural Language Processing, Pemodelan Geometris 3D, dan Jaringan Syaraf Tiruan. Bagi mahasiswa semester 6 dapat memilih Crytography, Keamanan System Jaringan, Expert System, Decision Support System, Game Development, Heuristic Method, dan Microkontroller. Sedangkan di semester 8, ada Sistem Terdistribusi, Sistem Multimedia, Digital Forensik, Sistem Informasi Geografis, dan Robotika.

Tidak hanya di dalam kelas, mahasiswa juga bisa mencari ilmu di luar perkuliahan secara otodidak. Bisa dari organisasi atau belajar dari kakak tingkat agar lebih mahir dalam pemograman. Di Ilmu Komputer USU, ada beberapa organisasi yang bisa diikuti untuk meningkatkan kemampuan setiap mahasiswanya, yaitu IMILKOM USU (Ikatan Mahasiswa S1 Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara), IKLC USU (Ilmu Komputer Laboratory Center Universitas Sumatera Utara), ITIKOM USU (Unit Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sumatera Utara), dan DSC USU (Developer Student Clubs Universitas Sumatera Utara).

Apa Hebatnya Anak Ilmu Komputer?

Seorang mahasiswa Ilmu Komputer USU, Khairul Imam mengatakan, mahasiswa jurusannya adalah orang yang serba bisa, “hebatnya anak jurusan Ilmu Komputer itu sendiri adalah kita bisa multitasking. Siang bisa ngerjain ini, malam bisa ngerjain ini, dan memang selalu begitu. Sehari-hari kita selalu mempelajari dan mengerjakan hal yang berbeda beda,” ungkapnya.

Mahasiswa Ilmu Komputer lain juga memberi tanggapan, “mahasiswa ataupun dosen yang bernaungan di dunia IT menjadi andalan orang-orang sekitar, dianggap serba bisa, dianggap hacker, bahkan ada yang dianggap bisa benerin AC. Padahal sebenarnya gak semuanya dipelajarin,” tambahnya.

Bisa nge-coding juga termasuk privilege yang dimiliki oleh anak jurusan Ilmu Komputer. Selain dianggap keren oleh non-programmer,  kemampuan tersebut zaman sekarang memiliki banyak peluang di dunia kerja. Ilmu Komputer sendiri tentu tidak lepas dari yang namanya coding. Ya, sejak semester awal hingga akhir mereka selalu berurusan dengan coding.

Coding bisa dibilang adalah suka dukanya anak Ilmu Komputer. Jadi, nge-coding bisa jadi sesuatu yang disenangi dan juga sesuatu yang ditakutin anak Ilmu Komputer,” ujar Syahiratuzulfa, mahasiswa Ilmu Komputer 2020, saat ditanyai pendapatnya mengenai coding.

Prosepek Kerjanya Apa Saja?

Gotcha! Prospek kerja menjadi hal wajib yang dipertanyakan saat memilih jurusan, termasuk jurusan Ilmu Komputer. Tidak perlu diragukan, untuk lulusan jurusan ini tersedia banyak lowongan pekerjaan. Jika kamu seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komputer atau ingin menjadi salah satunya, ada banyak sekali pekerjaan keren dan bergengsi yang menawarkan gaji menggiurkan, seperti konsultan IT, web designer, application engineer, game creator, game programmer, game developer, software engineering, data scientic, programmer, software developer, technopreneur, hingga dosen. Banyak sekali, bukan?

Slogan Ilmu Komputer USU

Sudah tau belum slogan kebanggaan Ilmu Komputer USU? “Friendly But Different!” adalah slogan yang dicetuskan oleh HMJ Ilmu Komputer. Kalimat ini menjadi kalimat pemersatu seluruh mahasiswa Ilmu Komputer USU.

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Jurusan Etnomusikologi, Hanya Main Alat Musik?

redaksi

Jurusan Agroteknologi: Si Paling Laprak?

redaksi

Jurusan Ilmu Perpustakaan, Tak Selalu Soal Buku!

redaksi