SUARA USU
Kuliner Life Style

Jus atau Smoothies? Simak Bedanya Berikut Ini

Reporter: Sinta Alfila / Mutiara

Suara USU, Medan.  Sebagian kita pasti sudah tidak asing dengan jus dan smoothies, dua minuman ini termasuk minuman sehat yang sangat baik untuk tubuh. Tetapi meskipun sekilas terlihat mirip, nyatanya jus dan smoothies memiliki beberapa perbedaan. Lalu apa bedanya?

Sama – sama terbuat dari buah dan sayur nyatanya perbedaan jus dan smoothies yang paling mendasar dapat dilihat dari cara pembuatannya. Jus dibuat dengan juicer atau blender yang kemudian disaring dan hanya meninggalkan sari-sari buah, sehingga tekstur dari jus ini berupa cairan. Sedangkan smoothies dibuat dengan cara yang sama tapi tetap menyertakan ampasnya. Kemudian ditambahkan dengan sejumlah bahan pemanis seperti susu, santan, atau madu untuk memperkaya rasa. Karena tidak melewati proses penyaringan, tampilan dan tekstur smoothies akan lebih keruh dan terasa padat saat diminum dan biasanya smothies disajikan dengan berbagai toping di atasnya.

Perbedaan jus dan smoothies berikutnya bisa dilihat dari kandungan nutrisinya. Jus buah pada umumnya lebih rendah kalori daripada smoothies. Jus juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari smoothies. Sedangkan smoothies lebih tinggi protein dan serat dibandingkan jus.

Berikutnya adalah perbedaan dari segi mengenyangkan. Serat dalam smoothies dapat membuat kenyang lebih cepat, dan protein membantu menjaga perut tahan kenyang lebih lama. Bahkan, smoothies juga dapat menyeimbangkan gula darah. Sedangkan, efek mengenyangkan dari jus lebih sedikit dibandingkan dengan smoothies. Namun, kandungan nutrisi dalam jus lebih mudah diserap tubuh, sehingga bisa memberikan suntikan energi instan.

Selain berbagai manfaat yang dimiliki, jus dan smoothies juga memiliki kekurangan. Jus memerlukan lebih banyak bahan karena hanya mengambil sari atau cariannya saja. Jus cocok untuk kamu yang ingin nutrisi cukup dan menyegarkan dahaga. Sedangkan smoothies tidak bisa disandingkan dengan makanan berat dan kurang cocok dikonsumsi setiap hari karena kandungan gulanya yang lumayan tinggi. Smoothies cocok untuk kamu yang ingin kenyang lebih lama.

Buat kamu yang ingin merasakan perbedaan jus dan smothies ini, kamu bisa mendapatkan kedua minuman ini di sekitar USU loh. Salah satunya di depan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara, Jl. Dr. Mansyur No.22 A, Merdeka, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara tepatnya di depan Yobana Stationery. Di depan toko tersebut ada sebuah stand yang bernama Sukses Fresh Dringks Allhamdullilah yang menjual aneka smoothies dan jus.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Memulai Gaya Hidup Minimalis dengan Decluttering

redaksi

Winda Coffee Studio,Tempat Nongkrong untuk Semua Generasi

redaksi

Prokrastinasi dan Pola Tidur Mahasiswa: Apa Hubungannya?

redaksi