SUARA USU
Kabar Kampus

KAMMI Sekawasan USU Adakan Seminar Nasional Bertajuk, Beyond the Limit: Be The Best Student Do Not Be General One

Reporter: Caroline Gloria

Suara USU, Medan. KAMMI Sekawasan USU adakan seminar nasional bertajuk “Beyond The Limit: Be The Best Student Do Not Be General One” pada hari Sabtu, (5/11). Seminar dilaksanakan di Raz Residence Hotel dan dihadiri peserta dari berbagai universitas di Sumatera Utara serta Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, himne KAMMI, pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia Muhammad Bukhori Pane, ketua KAMMI Sekawasan USU Muhammad Riski Saputra, dan Ketua PD KAMMI Medan. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan bahwa banyak program beasiswa yang dibuka, salah satunya program beasiswa oleh pemerintah Kota Medan. Beasiswa dibuka untuk mahasiswa yang membutuhkan dan biayanya akan ditanggung hingga lulus. Ia juga berharap mahasiswa bisa berkembang melalui beasiswa sehingga menjadi manusia yang berguna bagi bangsa khususnya Kota Medan.

 

Pemateri pada seminar kali ini berjumlah 9 orang, yaitu Muhammad Liputra selaku alumni penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan, Said Fahri Assegaf selaku penerima beasiswa Karya Salemba Empat, Fadhillah Arafah selaku penerima Beasiswa Unggulan, Sarmillah Aini selaku penerima Beasiswa Pertamina Foundation, Indah Sundari selaku penerima Beasiswa Bakti Nusa, Nabila Mufida selaku penerima Paragon Scholarship Program,Devi Novia Rahma selaku penerima YBM BRILian Bright, Muhammad Ridho selaku penerima Beasiswa Bank Indonesia, dan Ns. Reisy Tane, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.An selaku alumni penerima Beasiswa LPDP.

Seminar ini dipandu oleh Zahra Siregar. Para pemateri merupakan mahasiswa berprestasi dengan segudang pengalaman. Para pemateri menceritakan pengalaman mereka saat persiapan seleksi beasiswa hingga lolos beasiswa, apa saja keuntungan dan kegiatan-kegiatan dari beasiswa itu.

Salah satunya adalah Muhammad Ridho penerima beasiswa Bank Indonesia yang merupakan mahasiswa yang mengambil double degree di program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara sekaligus mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam UIN Sumatera Utara. Muhammad Ridho berkata bahwa Untuk mendapatkan beasiswa, mahasiswa harus aktif baik secara akademik dan non-akademik seperti organisasi dan kepanitiaan sebagai modal untuk persiapan seleksi beasiswa. “Selain itu mahasiswa harus berprestasi, besar kecilnya prestasi yang kalian raih tetaplah prestasi,” ujar Muhammad Ridho.

Pemateri lainnya juga menceritakan hal yang tidak jauh berbeda, semua mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa asalkan ada kemauan untuk maju dan berproses, aktif dalam perkuliahan dan organisasi, perbanyak pengalaman dan perbanyak koneksi.

Setelah talkshow selesai, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Fara Amelia Lubis yang merupakan Duta Utama Putri Mahasiswa USU 2022.

Reporter: Salsabila Rania Balqis

Related posts

Rektor dan Wakil Rektor USU Dinyatakan Positif Covid-19

redaksi

Pema FP USU Adakan Rekrutmen Terbuka

redaksi

Prodi Sastra Batak USU Borong Juara di Festival Museum Sumatera Utara 2021

redaksi