SUARA USU
Life Style

Kebiasaan Mengunyah Es Batu, Beri Dampak Serius untuk Kesehatan

Sumber foto : @anoyla_mai di Pinterest

Reporter : Grace Angelia

Suara USU, Medan. Kebiasaan menggigit dan memakan es batu dapat memiliki dampak negatif signifikan terhadap kesehatan mulut dan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan mulut, serta beberapa gangguan kesehatan yang lebih serius.

Pertama-tama, menggigit dan memakan es batu secara berlebihan dapat merusak lapisan pelindung gigi dan mengakibatkan gigi berlubang atau patah. Dampak lainnya termasuk membuat komponen kawat gigi mudah lepas dan tambalan gigi rentan lepas. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan gigi mudah patah, terutama pada anak-anak.

Kebiasaan menggigit dan memakan es batu juga dapat dikaitkan dengan beberapa gangguan kesehatan yang lebih serius. Misalnya, kebiasaan ini dapat menjadi tanda adanya gangguan makan, seperti pica, yang dapat disebabkan oleh kurangnya substansi mineral tertentu, faktor psikogenik, atau faktor kultural. Pica  sendiri dapat dikaitkan dengan beberapa gangguan mental seperti autisme, retardasi mental, dan lain-lain.

Selain itu, kebiasaan menggigit dan memakan es batu juga dapat menandakan adanya anemia defisiensi besi, yang dapat disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam diet. Anemia defisiensi besi dapat menyebabkan gangguan pada tumbuh kembangnya, serta membuat individu lebih rentan terkena infeksi karena daya tahan tubuh yang melemah.

Kebiasaan menggigit dan memakan es batu juga dapat dikaitkan dengan masalah psikologis seperti pagophagia, yang dapat disebabkan oleh dehidrasi ringan, kekurangan zat besi, atau gangguan mental lainnya. Pagophagia sendiri dapat dikaitkan dengan beberapa gangguan mental seperti autisme, retardasi mental, dan lain-lain.

Tidak hanya gangguan mental kebiasaan buruk ini juga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti anemia defisiensi besi dan gangguan makan. Dalam beberapa kasus, kebiasaan menggigit dan memakan es batu dapat dikaitkan dengan beberapa gangguan kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghentikan kebiasaan ini dan menggantinya dengan cara-cara yang lebih sehat untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh.

Redaktur : Balqis Aurora


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Anak Kos Wajib Tahu Bahaya Pola Makan Tidak Teratur!

redaksi

Keterpurukan Kepala Hong dalam Hometown Cha-Cha-Cha

redaksi

Low Maintenance Friendship, Hubungan Pertemanan yang Bebas Drama

redaksi