SUARA USU
Kabar Kampus

Kegiatan PKKMB FEB USU 2022 Sukses Dilaksanakan Meski Tanpa Keberadaan PEMA Fakultas

Reporter: Ester Mulyani. S, Egidia Zumarnis, M. Wirayudha Azhari Lubis

Suara USU, Medan. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) kembali dilaksanakan secara luring setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring karena terkendala pandemi. Euforia kemeriahan PKKMB tahun ini juga turut dirasakan oleh para mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU 2022.

Setelah pembukaan PKKMB sekaligus penyambutan secara meriah yang dilaksanakan di Stadion Mini USU, para mahasiswa baru diarahkan ke fakultas maing-masing untuk mendapatkan pembekalan  materi dan sosialisasi mengenai persiapan kehidupan kampus. Serangkaian kegiatan ospek tingkat fakultas ini disambut baik oleh para mahasiswa baru FEB USU 2022.

Adika Fajar Putra, selaku Ketua Panitia Pelaksanaan PKKMB FEB USU 2022 mengungkapkan antusiasme dari para MABA cukup meningkat dibandingkan dua tahun belakangan yang dilaksanakan secara daring sehingga tidak ada interaksi langsung, baik antar MABA maupun interaksi MABA dengan dosen.

“Masalah utama yang masih menjadi kendala adalah masalah kerumunan yang susah dihindari. Namun, Alhamdulliah, Insha Allah semua yang ada disini sudah vaksin kedua dan ketiga dan kegiatan yang dijalankan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker dan menjaga jarak. Jadi, untuk itu kendala-kendala itu bisa diminimalkan” ungkap Adika

Adika berharap setelah menjalankan kegiatan PKKMB selama 3 hari, dapat terbangun karakter dan pribadi yang tangguh menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya, baik di lingkungan rumah maupun kampus. Selain itu, mahasiswa diharapkan memiliki jiwa nasionalis yang baik, memiliki karakter yang kuat, jiwa kepemimpinan yang bagus, pikiran yang positif dan kedepannya dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang bisa diandalkan di masa depan dengan embawa nama FEB dan USU ke kancah internasional

Khansa Nayra Qatrinnada, mahasiswa baru yang diterima melalui jalur talenta USU, turut menyampaikan antusiasmenya terhadap rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan.

“PKKMB secara offline yang dilaksanakan pasca covid sangat seru karena bisa berkenalan langsung dengan teman-teman baru, apalagi saya lulus dari jalur talenta USU, sehingga banyak teman-teman yang bertanya mengenai prestasinya dan Khansa juga bertanya mengenai ujian mereka kemarin bagaimana, apakah susah” ungkap Khansa

MABA prodi akuntansi tersebut juga mengaku banyak pembelajaran yang didapatkan dari materi yang telah disampaikan sehingga termotivasi untuk menjadi salah satu mawapres dan dapat mengharumkan nama baik kampus dan fakultas.

Selain Khansa, Emir Guranta Ginting sebagai mahasiswa baru prodi akuntansi, juga menyampaikan kesannya selama mengikuti PKKMB.

“Kegiatan PKKMB yang telah saya lalui sangat seru dan menyenangkan selama dua hari ini. Pemberian materi, perkenalan rektor, dekan, dosen dan seluruh warga kampus sehingga saya sudah banyak mendapatkan informasi seputaran kampus serta teman-teman baru,” ucap Emir.

Emir berharap dengan selesainya kegiatan PKKMB nanti, ia dapat mengenal kampus lebih dalam dan mendapatkan jawaban-jawaban mengenai prosedur administrasi kampus yang ia ingin ketahui.

Mengenai senioritas berlebihan dan perploncoaan yang marak menjadi kontroversi di momen kegiatan ospek universitas, baik Khansa dan Emir mengaku tidak mengalaminya karena setiap senior dan panitia yang terlibat sangat mengayomi mereka dengan baik.

Peralihan PKKMB daring ke luring yang baru dilaksanakan tahun ini, tidak terlepas dari kendala yang dialami oleh pihak panitia. Hal ini disampaikan oleh Kevin Tarigan selaku panitia PKKMB dari perwakilan HMJ Akuntansi.

“Pengalaman saya pribadi belum pernah mengikuti PKKMB secara offline, maka ini adalah suatu langkah baru bagi kami untuk berproses dengan mengatur PKKMB secara offline. Hal ini juga menjadi adaptasi bagi kami dalam transisi dari online ke offline,” ujar Kevin.

Kevin juga berharap kendala dan kekurangan yang dihadapi dapat menjadi evaluasi untuk PKKMB di tahun depan.

Meski sudah dilaksanakan secara luring penuh, PKKMB FEB USU 2022 masih belum lengkap karena kekosongan PEMA FEB sejak dua tahun terakhir. Mengenai hal ini, Adika menuturkan keadaan PKKMB terkendala dengan baik karena HMJ dari setiap prodi berkoordinasi dengan baik.

“Saat ini HMJ dari prodi akuntansi, manajemen, dan ekonomi pembangunan bekerja dengan kooperatif dan saling membantu demi mensukseskan kegiatan PKKMB FEB USU 2022 ini,” ungkap Adika.

Adika juga berharap, kedepannya PEMA FEB USU bisa bangkit kembali dengan tersebar merata ke seluruh program studi yang tergabung dalam FEB USU.

“PEMA FEB sedang mati suri, kedepan harusnya perlu diadakan lagi pema ini dengan perwakilan HMJ dari prodi sebagai gubernur,” tutup Adika.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bazar Buku Gramedia Hadir Untuk Meriahkan Dies Natalis ke-22 Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi USU

redaksi

Menebar Kebahagiaan dalam Kegiatan Rain Forest Berbagi

redaksi

Prodi Etnomusikologi Sukses Mempersembahkan Pergelaran Musik dan Tari Nusantara

redaksi