SUARA USU
Kabar Kampus

Peringati Dies Natalis ke-70, USU Adakan Kuliah Umum Bertajuk Indonesia sebagai Presidensi G20

Reporter : Cory Patricia

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara (USU) telah mengadakan kuliah umum Leadership General Lecturer Series dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-70 pada Jumat, (09/09), di Auditorium USU. Kegiatan ini turut mengundang Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia, Andi Widjajanto dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf sebagai pemateri. Selain dihadiri Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si, acara pada sesi kedua juga turut dihadiri Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M.

Sesi pertama kuliah umum mengusung tema “Penguatan Pertahanan Global dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia sebagai Presidensi G20”. G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU) yang merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Menariknya, Indonesia yang merupakan salah satu negara anggota G20 memegang presidensi G20 pada 2022.

Andi Widjajanto menekankan, optimisme Indonesia sebagai presidensi akan menjadi kekuatan ekonomi dunia dengan momentum G20. Andi menambahkan, ketahanan pangan terdiri dari sistem yang kompleks, melingkupi aspek persediaan, permintaan, hingga daya dukung. Adopsi teknologi mampu meningkatkan produktivitas pangan karena mendorong produksi pangan menjadi lebih presisi dan menghasilkan jenis makanan baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Pada sesi kedua, KH. Yahya Cholil Staquf membawakan materi bertajuk “Keberagaman dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia sebagai Presidensi G20”. Dalam menyampaikan materi, Yahya mengajak mahasiswa untuk bergerak aktif meredam masalah intoleransi yang bisa mengancam keberagaman dan memicu penurunan ekonomi Indonesia sebagai presidensi G20.

Kuliah umum ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, penyerahan penghargaan kepada pemateri, dan diakhiri dengan sesi foto bersama mahasiswa USU.

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Perayaan Paskah “Ditebus Untuk Menjadi Terang” Oleh IMPRODIAS USU

redaksi

Diskusi Terbuka Dirty Vote Bersama Dandhy Dwi Laksono

redaksi

Akhir PIMNAS Ke-34: USU Raih 33 Besar dan UGM Jadi Juara Umum!

redaksi