Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Kenalan dengan Arunika Simetrikal Yuk!

Oleh: Intan Permatasari Purba

Suara USU, Medan. Arunika Simetrikal merupakan sebuah wadah baru yang bergerak di bidang keilmuan dan pengabdian masyarakat di Fakultas Teknik. Dibentuk secara resmi pada tanggal 1 Juli 2021 dan bersamaan dengan penetapan namanya, Arunika simetrikal. Arunika sendiri berarti cahaya matahari yang baru saja terbit, sedangkan simetrikal adalah 7 unit departemen di Fakultas Teknik (Sipil, Mesin, Elekro, Industri, Kimia, dan Lingkungan). Latar belakang terbentuk Arunika berawal dari sebuah kelompok kecil yang beranggotakan beberapa orang yang memiliki keresahan bahwa di Fakultas Teknik belum memiliki komunitas keilmuannya sendiri.

“Padahal bisa dikatakan di Fakultas Teknik itu banyak mahasiswa yang berprestasi, nah dari situ muncul ide untuk membuat keilmuan sendiri yang nantinya diharapkan dapat menjadi identitas anak teknik. Serta menyatukan pemikiran dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik agar bisa ikut andil dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat,” ungkap Yusri, selaku ketua dari Arunika Simetrikal.

“Adanya Arunika simetrikal diharapkan menjadi problem solving untuk beberapa permasalahan masyarakat melalui pengabdian masyarakat dari keilmuan yang ada di Fakultas Teknik, ” lanjut Yusri.

Melihat kondisi organisasi di masa pandemi di mana aktivitasnya dibatasi dengan peraturan pembatasan kegiatan di kampus, sehingga membuat beberapa organisasi menjadi pasif. Hal ini tidak menyurutkan semangat dari Arunika untuk hadir dan menjadi teman berbagi serta belajar bersama terkait dunia penulisan KTI (Karya tulis ilmiah), essay, desain, debat hingga poster ilmiah.

Open recruitment Arunika Simetrika telah berlangsung terhitung mulai tanggal 25 Agustus 2021 hingga 3 September 2021. Open recruitment ini sengaja dibuka untuk semua lingkup jurusan di USU.

Bayu Febrilliandika, selaku founder dan pembina Arunika simetrikal yang menginisiasi terbentuknya Arunika simetrikal mengatakan, “kami sepakat untuk membuka peluang seluruh mahasiswa berbagai jurusan di USU mengikuti open recruitment ini karena memiliki program pengabdian masyarakat yang mana akan memperluas sektor kebermanfaatan dalam mengabdi ke masyarakat. Kami perlu kolaborasi dengan jurusan-jurusan di luar Fakultas Teknik. Tetapi, 80% dari anggota Arunika diisi oleh mahasiswa teknik.”

Arunika sendiri dalam struktur organisasinya dibagi menjadi 4 divisi, diantaranya adalah bidang HRD, Informasi dan Marketing, Operasional dan Pengabdian Masyarakat, dan Fundraising.

Antusiasme yang tinggi pada open recruitment Arunika simetrikal dibuktikan dengan sampai pada hari terakhir penutupan pendaftaran terdapat 235 pendaftar.

Untuk sosial media Arunika dapat diakses melalui Instagram @anaksaintek. Platform edukasinya yaitu @arunikasimetrikal serta laman webnya adalah www.anaksaintek.com

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Melatih Kepemimpinan Bersama AISEC in USU

redaksi

Ingin Menerbitkan Buku? Gampang! Begini Caranya

redaksi

GENBI Sumut Gelar ‘Leadership Camp 2019’

suarausu