Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Rekrutmen Terbuka Pramuka USU: Siap Tebar Ilmu dan Relasi Seluas-luasnya!

Oleh: Harsimren Kaur

Suara USU, Medan. UKM Pramuka USU kini membuka pendaftaran bagi calon anggota barunya. Hal itu dengan jelas diinformasikan  di akun instagram mereka @pramuka_usu. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 September–1 Oktober 2021. Pendaftaran terbuka tidak hanya untuk mahasiswa USU melainkan dari berbagai universitas dan kalangan.

Untuk menjadi anggota tetap UKM Pramuka USU, para peserta harus mengikuti alur pendaftaran dimulai dari tahap seleksi berkas dilanjutkan dengan kegiatan Orientasi Anggota Baru.

“ Setelah proses recruitment kita akan melaksanakan sebuah kegiatan yang diberi nama OMANTARU (Orientasi Penerimaan dan Penyambutan Anggota Baru) dan untuk tahun ini, kita melaksanakan OMANTARU yang kedua, dimana nanti dikegiatan ini peerta yang mendaftar di Pramuka USU akan dibekali mengenai kehidupan kepramukaan khususnya di USU sendiri.  Dan untuk periode ini kita mengusahakan kegiatannya dilaksanakan tatap muka dengan konsep kemah selama  hari 2 malam, dan setelah kegiatan tersebut mereka akan menjalani yang namanya masa Tamu angota Pramuka USU selama 3 bulan,” jelas Markus, ketua UKM Pramuka USU.

Markus juga menambahkan bahwa Pramuka USU terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftar. Baik yang sudah mengenal ataupun awam dengan kepramukaan.

“Untuk pendaftar kita terbuka bagi siapa saja yang ingin masuk, baik yang sudah pernah ada di pramuka sebelumnya atau yang belum pernah sama sekali, karena disini kita akan belajar sama-sama lagi dan dunia pramuka disini tentunya jauh berbeda dari dunia pramuka di masa mereka duduk dibangku sekolah dulu. Dan kita juga terbuka untuk mahasiswa yang bukan berasal dari USU untuk bergabung bersama kita di pramuka USU, untuk saat ini anggota kita terbilang banyak juga dari luar kampus USU,”

“Untuk penilainnya sendiri sesuai dengan flyer yang sudah ada dan bersifat secara umum, salah satunya berusia maksimal 24 tahun dan mengikutsertakan CV. Tidak ada penilaian yang terlalu ditekankan ke peserta karena bersifat sukarela,” tambah Markus.

Markus selaku ketua umum juga berpesan kepada para calon peserta untuk terus mengembangkan ilmu mereka dan jangan berhenti. Ia pun menambahkan bahwa dalam Pramuka USU tidak ada senioritas dan berkonsep keluarga.

“Pesan saya buat yang sudah pengalaman di pramuka dikembangkan terus ilmunya dan jangan berhenti memandu, dan untuk yang belum pernah merasakan dunia pramuka jangan takut karena di Pramuka USU kita semua sama, disini kita belajar bersama, tidak ada yang lebih pintar, kita tidak mengenal senior-junior, kita semua adalah keluarga. Tetap semangat kuliahnya terkhusus untuk mahasiswa baru. Tujuan kita disini adalah kuliah, tetapi organisasi juga memberimu tujuan. Kami tunggu kehadirannya untuk bergabung bersama kami di keluarga besar Pramuka USU,” tutupnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Ketua Umum Terpilih Berharap HMI FT USU Lahirkan Kader-kader Berkualitas

redaksi

Sosialisasi Beasiswa LPDP: Siapkan Amunisi Terbaik

redaksi

GOMEN, Langkah Awal Mentoring Mahasiswa Baru Muslim Fakultas Kedokteran USU!

redaksi