Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Entertaiment

Khawatir Pakai Zoom? Berikut 5 Alternatif Aplikasi Meeting Daring

Penulis: Dian Febriyanti


SUARA USU, MEDAN. Aplikasi yang semakin gencar digunakan saat work from home selama pandemi ini tentu salah satunya adalah Meet Zoom. Meet Zoom merupakan aplikasi jarak jauh yang dapat memuat banyak orang atau peserta dalam satu pertemuan. Karena kepraktisannya itulah membuat aplikasi Zoom banyak digunakan orang hampir di seluruh dunia.


Khususnya di Indonesia, aplikasi Zoom salah satu yg paling tinggi mendapatkan tempat di hati masyarakat. Hampir setiap pertemuan baik seminar daring ataupun beljar daring menggunakan aplikasi ini. Namun belakangan, Zoom dilanda isu keamanan.

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (09/04/2020) bahwa aplikasi tersebut tidak memiliki enkripsi end-to-end. Tidak adanya enkripsi end-to-end memungkinkan pesan atau informasi yang disampaikan lewat Zoom berpotensi dicuri atau disadap oleh peretas.


Namun jangan khawatir, karena selain Zoom, ada beberpa aplikasi lain yang bisa dipakai untuk melakukan meeting online selama masa bekerja dari rumah.


Berikut 5 aplikasi alternatif lain untuk Meeting secara daring:

WhatsApp

Aplikasi ini sudah ada sejak november 2009 lalu, penggunanya hingga saat ini mencapai 2 milliar pengguna. Selain bisa digunakan untuk chatting, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk rapat kerja atau berdiskusi jarak jauh. Dalam aplikasi ini bisa video call-an hingga 4 orang. Cara menggunakan aplikasi ini juga dinilai cukup mudah..

Google Hangouts


Aplikai ini merupakan aplikasi pesan instan hingga video call yang telah berkembang sejak tahun 2013. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan engaktifkan atau login dengan akun Gmail.

Google Classroom


Aplikasi ini biasa digunakan untuk diskusi online dalam pembelajaran di kampus dan sekolah. Aplikasi ini hanya sebatas chattingan saja tidak bisa video call-an. Aplikasi ini dinilai mudah digunakan terlebih untuk mengirim dokumen atau tugas.

Quipper School


Quipper School merupakan aplikasi platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui aplikasi platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara daring dengan mudah. Quipper juga tergolong memiliki materi pembelajaran yang cukup lengkap dan disesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Aplikasi ini cocok digunakan untuk siswa SMP dan SMA sederajat.

Edmodo


Edmodo merupakan sebuah aplikasi kuliah darinv yang nggak cuma menghubungkan mahasiswa dan pengajar saja, namun juga orang tua murid Dosen dan mahasiswa dapat saling berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Dosen juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas.

Jadi, walaupun wabah covid 19 ini merajalela membuat kamu di karantina di rumah, tapi tentu itu tidak menghalangi kamu untuk beraktifitas khusunya belajar kan! Yuk, Tetap jalani aktifitas dengan semaksimal mungkin.

Redaktur Tulisan: Kurniadi

Related posts

Sehari Menjadi Petualang di Pelaruga

redaksi

Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran

redaksi

Cinta Laura Kiehl, Artis Muda Multitalenta yang Tetap Memprioritaskan Pendidikan

redaksi