SUARA USU
Kabar Kampus

KKNTR- 118 Desa Dolok Ilir I Sukses Adakan Sosialisasi Pendirian Koperasi

Oleh : Tim KKNTR – 118

Suara USU, Medan. Dalam rangka pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Reguler (KKNTR) Universtas Sumatera Utara di desa Dolok Ilir I (Bah Bolon) Kabupaten Simalungun, kelompok KKNTR – 118 sukses melaksanakan program kerja unggulannya yang selaras dengan Tema “Desa Sejahtera”, yakni Sosialisasi Pendirian Koperasi yang dilaksanakan pada Senin (24/10­) berlokasi di Aula Kantor Pangulu Huta Bah Bolon. Sosialisasi ini dihadiri oleh Ibu-Ibu dari 4 Dusun yang berjumlah kurang lebih 60 orang.

Program kerja ini adalah program unggulan yang diinisiasi setelah melihat kondisi potensi desa tersebut. Potensi yang terdapat di desa ini adalah adanya budidaya tanaman melinjo yang selanjutnya melinjo tersebut diolah menjadi keripik. Masyarakat menanam melinjo namun belum terdapat wadah yang menaungi kegiatan usaha ini, sehingga masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan modal usaha dan pemasaran yang berjalan kurang efektif.

Surya Nugraha, Ketua Kelompok KKNTR – 118 menerangkan, “Bahwa tujuan pelaksanaan program kerja ini adalah untuk membuka cakrawala masyarakat agar pentingnya mendirikan koperasi sebagai badan usaha berbadan hukum yang berasaskan kekeluargaan. Yang mana badan hukum yang dimaksud tersebut adalah jawaban atas probelamatika masyarakat Desa Dolok Ilir I yang mengalami kesulitan dalam mendapat tambahan modal usaha serta pemasaran hasil usaha yang dinilai kurang efektif. Sehingga dengan didirikannya koperasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya, yang mana masyarakat Desa Dolok Ilir I bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ungkap Surya.

Kegiatan ini pun mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan para perangkat desa. Dalam sambutannya, Bapak Judiman selaku Pangulu (kepala desa) menyampaikan, “kegiatan ini adalah kegiatan positif yang harus terus didukung penuh oleh kami, pihak perangkat desa. Dengan adanya kegiatan ini, maka pengetahuan masyarakat akan bertambah. Namun disisi lain, kami sangat mengharapkan tindak lanjutnya. Setelah kegiatan ini selesai, harus ada follow up dari Mahasiswa KKNT USU untuk benar-benar merealisasikan apa yang telah disosialisasikan. Mengingat mahasiswa adalah sebagai agen perubahan untuk lebih berkontribusi kepada masyarakat. Khususnya untuk mewujudkan masyarakat dan desa yang sejahtera,” tutup Surya.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Ketua Satgas Covid 19 USU Tragetkan Januari Luring Secara Keseluruhan!

redaksi

Adakan Stakeholder Gathering, AIESEC in USU Buka Wawasan Tentang Partnership

redaksi

Adakan Rapat Kerja, Kabinet KalpaTaru PEMA FK USU Siap Wujudkan Terobosan Baru

redaksi