SUARA USU
Kabar Kampus

Lima Mahasiswa Fakultas Keperawatan Wakili USU di Kongres Nasional ILMIKI

Oleh    : Valeshia Trevana

Suara USU, Medan. Lima orang Mahasiswa Fakultas Keperawatan berhasil menjadi delegasi fakultasnya untuk mengikuti Kongres XI Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) di Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhamdiyah Palembang pada tanggal 24-26 September 2021 dan 2-3 Oktober 2021. Kongres ini sendiri bertema mengangkat tema “Membangun Kebersamaan dan Kolaborasi untuk Mewujudkan Kejayaan ILMIKI”.

Delegasi Fakultas Keperawatan USU yang mengikuti KONGRES XI ILMIKI adalah Rizky Pratama Kaban, Ibnu Hafaz, Rizka Dwinki Oktaviani, Novrial Ahmad Hanif, dan juga Karima. Mereka berlima berasal dari angkatan 2018 dan 2019.

Rizka Dwinki oktaviani mengatakan bahwa ia merasa kongres ini kurang efektif karena dilaksanakan secara online. Bila kongres ini dilaksanakan secara offline kemungkinan berlangsung selama 3 hari saja. Karena keadaan sekarang harus online, maka dibutuhkan waktu 3 minggu walaupun yang digunakan hanya di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu saja.

Rizka menambahkan beberapa hal yang menurutnya tidak efektif dari kongres ini seperti dari segi partisipasi peserta kongres dalam menyuarakan pendapat mereka. Mengingat ketika kegiatan dilaksanakan via zom tidak menutup kemungkinan untuk partisipan melakukan kegiatan lain atau tidak memperhatikan zoom dan hal itu dapat berdampak pada hasil yang di sah kan.

Selain itu Rizka merasa jika kongres ini dilaksanakan secara offline, para peserta bisa mengenal atau menjalin saliturahmi dengan institusi-institusi se-indonesia, tetapi karna online interaksi semakin terbatas.

Mahasiswa angkatan 2018 ini mengatakan tujuan ringkas di kongres ini adalah dapat sebagai acuan dan bahan evaluasi untuk ILMIKI dan kepengurusan berikutnya  serta untuk meregenerasi kepengurusan di ILMIKI. Dan tugas para delegasi di kongres ini adalah menyuarakan pendapat, berdiskusi, menemukan ide baru untuk mengatasi permasalahan di organisasi, dan sebagai perwakilan institutsi pemilih Sekertaris Jendral ILMIKI untuk periode berikutnya.

Mahasiswa keperawatan itu juga menjelaskan bahwa di kongres ini ada banyak agenda, seperti pembahasan ad/art, debat casekjend, pemilihan sekjend baru, sidang komisi, dan kegiatan lainnya.

“Lebih tepatnya untuk institusi yang sudah dan akan bergabung dengan ILMIKI dari setiap wilayah di Indonesia. Kalo yang akan bergabung itu nanti dilantiknya juga pas di kongres tersebut kak. Maksudnya dari setiap wilayah itu karena di ILMIKI sendiri wilayahnya dibagi menjadi 7 wilayah dari Sabang-Merauke kak,” jelas Rizka

Ketujuh wilayah ILMIKI adalah Wilayah 1 (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau), Wilayah 2 (Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, lampung dan Jambi), Wilayah 3 (DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat), Wilayah 4 (DI Yogyakarta sampai dengan Jawa tengah), Wilayah 5 (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat), Wilayah 6 (Sulawesi, maluku, dan juga Papua), dan Wilayah terakhir, Wilayah 7 terdiri dari Pulau Kalimantan (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, dan kalimantan Utara).

Rizka berharap walaupun kegiatan kongres dilaksanakan secara daring, hasil yang didapati dari peserta kegiatan kongres nasional ini mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik

“Harapan saya walaupun kongres ini dilaksanakan secara online, semoga hasil yang didapatkan selama kegiatan kongres dapat maksimal dan mampu membawa perubahan bagi ILMIKI untuk menjadi lebih baik,” pungkas Rizka.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

USU Tetap Menempati Kluster 1 Pemeringkatan Kemendikbud 2020

redaksi

Wakili USU Secara Independen, Tim Anggakara Raih Juara I Kompetisi Debat Psycofest UHN

redaksi

Peduli Yatim Peduli Sesama, HMI FIB USU Adakan Bakti Sosial ke Panti Asuhan

redaksi