Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kuliner

Makanan Sehat Ala Anak Kos Murah Meriah

Penulis: Tabas Gabe Mulia Siagian

Banyaknya kesibukan kuliah seringkali membuat banyak mahasiswa tidak memperhatikan kesehatannya. Terutama anak kos yang jauh dari pengawasan orang tua. Selain itu, gaya hidup tidak sehat serta pola makan yang tidak teratur juga dapat membuat para mahasiswa rentan dengan penyakit. Padahal jika dibiarkan, nantinya akan semakin parah. Salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang sedang kita hadapi saat ini adalah Gastritis atau yang secara umum dikenal dengan sakit maag. Maag merupakan salah satu penyakit menular yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Gastritis merupakan suatu keadaan peradangan akibat seseorang tidak teratur pola makannya. Hal itu menyebabkan seseorang mudah terserang sakit maag. Saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong atau ditunda pengisiannya, asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung sehingga timbul rasa nyeri.

Menurut Badan penelitian kesehatan dunia WHO pada tahun 2012, persentase dari angka kejadian gastritis di Indonesia menurut WHO didapatkan mencapai angka 40,8%. Berdasarkan profil kesehatan Indonesia tahun 2010, gastritis merupakan peringkat ke lima dari 10 besar penyakit terbanyak pasien rawat inap yaitu 24.716 kasus. Dan peringkat ke enam dari 10 besar penyakit terbanyak rawat jalan di rumah sakit di Indonesia yaitu 88.599 kasus.

Sebelum membahas manfaat tepung kanji untuk asam lambung, anda juga perlu tahu bahwa manfaat tepung kanji lainnya adalah dapat dijadikan alternatif bagi anda yang ingin menjalankan diet bebas gluten. Tepung kanji bisa menjadi pengganti tepung atau gandum bagi anda yang tidak bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Dengan menggunakan tepung kanji, anda bisa membuat puding, dan makanan-makanan ringan lainnya. Selain itu, tepung kanji juga bisa digunakan sebagai pengental. Tepung ini meningkatkan kadar air dan tekstur, yang membuat kelembaban terperangkap membentuk gel.

Perlu diketahui, singkong juga memainkan peran penting sebagai bahan pokok karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Singkong juga mengandung beberapa senyawa bioaktif, senyawa kimia yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia, termasuk dalam pencegahan kanker dan penyakit jantung. Setelah anda mengetahui manfaat tepung kanji secara umum, anda juga harus tahu manfaat tepung kanji untuk asam lambung. Jika anda mempunyai masalah asam lambung kemudian berujung pada sakit maag, sepertinya anda harus mendapatkan manfaat tepung kanji ini.

Meski begitu, sebagian besar orang tidak menyangka manfaat tepung kanji untuk mengobati maag. Tepung kanji atau disebut juga sebagai tepung singkong yang sekilas mungkin mirip dengan tepung sagu, keduanya memiliki sifat untuk bisa merekatkan bahan-bahan lain seperti halnya fungsi lem dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat tepung kanji lainnya adalah dipercaya bisa membantu untuk menebalkan kembali lapisan lambung secara alami. Inilah cara membuat tepung kanji untuk asam lambung:
1) Persiapkan tepung kanji, gula aren, susu kental manis, dan air secukupnya.
2) Sangrai (goreng tanpa minyak) tepung kanji, gula aren yang sudah diiris, dan air secukupnya, hingga warnanya berubah kecokelatan.
3) Lalu setelah matang masukan ke dalam wadah.
4) Diamkan sejenak, tunggu hingga dingin lalu masukan kedalam kulkas.
5) Setelah itu dapat disajikan dengan susu kental manis.

Nah, itulah cara membuat tepung kanji untuk asam lambung yang bisa anda coba. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!


Redaktur: Nurul N Sahira Br Lubis

Related posts

Kesawan, dan Wajah Baru Kawasan Kuliner Kota Medan!

redaksi

Kolang Kaling yang Semakin Terlupakan

redaksi

Mau Nongkrong Sambil Kulineran di Berastagi? Ini Dia Tempatnya!

redaksi