SUARA USU
Musik

Memaknai Arti Pengharapan dari Lirik Lagu When You Believe

Oleh : Exaudi Lubis

Suara USU, Medan. Lagu When You Believe merupakan lagu ciptaan Stephen Schwartz yang dirilis pada 2 November 1998 dan menjadi soundtrack dalam sebuah film berjudul The Prince of Egypt. Lagu ini dipopulerkan oleh Mariah Carey dan Whitney Houston.

Lagu yang telah dianugerahi sebagai Academy Award for Best Song ini akan membuat kita hanyut saat menghayati setiap arti di balik lagu ini. Ditambah lagi dengan tempo yang terbilang lambat dengan bergenre R&B, soul dan gospel menjadikannya sebagai lagu yang nikmat didengar hingga mampu menyentuh hati dan pikiran pendengarnya.

Lagu ini memiliki lirik bermakna pengharapan yang menggambarkan bahwa akan ada “keajaiban” yang akan terjadi dibalik apa yang kita imani atau percaya.

Seperti pada bait pertama lagu 

Many nights we prayed

With no proof, anyone could hear

In our hearts a hopeful song

menggambarkan kondisi dimana banyak malam kita berdoa menyampaikan segala harapan tanpa ada bukti siapapun bisa mendengar atau mengetahuinya. Kita tetap percaya tanpa rasa keraguan, sekalipun kita tau ada banyak ketakutan yang muncul. Kita tetap mengimani apa yang menjadi harapan kita akan terkabul di suatu saat.

Refrain lagu ini berbunyi “There can be miracles when you believe“, akan ada keajaiban ketika kamu percaya. Lirik tersebut sangat jelas berbicara mengenai “hadiah” yang akan kita dapatkan ketika memiliki pengharapan. Tidak ada yang tau pasti keajaiban apa yang akan kita terima dan seperti apa wujudnya di kemudian hari. When you believe somehow you will, ketika kamu percaya kamu akan mendapatkannya, penantian itu tidak akan sia-sia.

Pada bagian lirik lainnya digambarkan bahwa pada setiap masa ketakutan, gentar atau kekhawatiran, ketika doa malah terlihat sia-sia, ibarat burung musim panas yang terbang melayang jauh. Kita mulai bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Lirik ini dengan jelas menceritakan sifat manusia yang mudah sekali goyah jika apa yang dia harapkan tidak berjalan  sesuai keinginannya. 

Maka pengharapan inilah yang menjadi pondasi supaya kita tetap berdiri dengan berani dengan perasaan penuh dalam menanti keajaiban apa yang akan terjadi nantinya.

Bagian bait lainnya juga sangat bermakna, yaitu bahwa apa yang sudah kita doakan bisa tidak selalu terjadi. Meskipun kita sudah meminta dan mungkin pula tidak selaras dengan apa yang dibayangkan, hal ini akan sangat mudah menjatuhkan kita ke dalam keputusasaan. Namun sekalipun dibutakan oleh rasa sakit dan tidak mampu melihat jelas melewati hujan. Perlahan tapi pasti akan ada masa yang membuktikan bahwa akan ada pertolongan yang datang, seperti yang ada pada kutipan lirik 

A small but still

resilient voice says

help is very near

Lagu ini pastinya menjadi pengingat akan pengharapan merupakan bentuk keimanan kepada Sang Kuasa di setiap lika-liku kehidupan. Hingga pada waktunya kita menyadari bahwa sesungguhnya kuasa-Nya sungguh bekerja dan rencana-Nya pasti tidak akan mengecewakan. Kita hanya perlu menyerahkan segalanya pada-Nya, tetap bersabar, dan selalu hidup dalam pengharapan padaNya hingga pada akhirnya kita akan memetik buah iman tersebut.

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengulas Kembali Lagu “Marnini Marnono” yang Mengisahkan Nilai-Nilai Keluarga

redaksi

Ghost, Justin Bieber: Kenanganmu Seperti Ekstasi

redaksi

Kisah Eminem Dibalik Lagu Mockingbird

redaksi