SUARA USU
Kabar Kampus

Memperingati Hari Jadi Ke-41, Kompas USU Adakan Webinar “Treasure Your Trash”

Penulis: Wirayudha Azhari

SUARA USU, Medan. 7 Oktober menjadi hari bertambah usianya Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Mahasiswa Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup-Universitas Sumatera Utara (Kompas USU). Memperingati hari jadinya yang ke 41, Kompas USU menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema Treasure Your Trash.

Webinar Nasional ini dihadiri lebih dari 100 peserta dalam Zoom Meeting. Peserta yang menghadiri Webinar ini mulai dari siswa SMA seperti dari SMAN3 Medan, hingga mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia, mulai dari Universitas Negeri Medan, Universitas Diponegoro, hingga mahasiswa dari Universitas Hasanuddin Makassar.

Sesuai dengan tema yang diusung dalam webinar kali ini, pemateri yang diundang terdiri dari dua orang pembicara yaitu Saharuddin Ridwan, S.S., M.M. (Dewan Pendiri Asosiasi Bank Sampah Indonesia) dengan topik “Trash: Liability Or Assets?” dan Rahmad Martuah S.Sn., M.Pd. (Penggiat Pengelolaan Sampah) dengan topik “Zero Waste Lifestyle”.

Saharuddin mengajak para peserta webinar untuk tidak memandang sampah sebelah mata.

“Sampah adalah sebuah kewajiban atau utang dari seorang manusia namun sampah juga dapat dijadikan sebagai asset yang akan sangat bermanfaat bagi pribadi manusia itu sendiri,” tegas Saharuddin.

Sedangkan, Rahmad mengajarkan mengenai Zero Waste Lifestyle. Kepala Sekolah SDS IT Siti Hajar Medan ini mengajak para peserta untuk mulai mengurangi sampah dan benda-benda sekali pakai. Rahmad juga menjelaskan bagaimana cara pengelolaan sampah yang baik dan benar dengan Metode 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rat).

“Yang pertama kali sebisa mungkin harus dilakukan adalah refuse atau menolak barang-barang sekali pakai karena akan menimbulkan sampah. Setelah itu maka kita harus melakukan reduce atau mengurangi pemakaian barang-barang sekali pakai,” tutur Rahmad.

Selanjutnya adalah memilih reuse atau memilih barang-barang yang bisa kita pakai untuk berulang kali. Lalu recycle atau mendaur ulang barang-barang sekali pakai atau sampah anorganik yang tidak terurai. Terakhir, rot atau menjadikan sampah organik seperti sisa makanan menjadi pupuk ataupun eco enzyme.

Webinar yang diselenggarakan oleh Kompas USU berlangsung dengan lancar dan sukses. Harapannya, pada peringatannya yang ke-41, Kompas USU bisa menjadi sebuah organisasi yang menjadi promotor dan penggerak bagi masyarakat khususnya di Universitas Sumatera Utara untuk mulai mengurangi sampah dan mulai menjalankan gaya hidup tanpa sampah (Zero Waste Lifestyle).

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menyambut Dies Natalis ke-7 Tahun, Fakultas Kehutanan Adakan Aksi Gowes Sepeda dan Menanam Pohon di Kwala Bekala

redaksi

Dos Ni Roha PMM Inbond USU Kunjungi Kampung Ulos Huta Raja

redaksi

Menguatkan Hubungan Kebersamaan, IMPROSAJA USU Sukses Rayakan Natal

redaksi