SUARA USU
Kabar Kampus

Mendulang Prestasi yang Inspiratif, Delegasi Fakultas Hukum USU Sabet Juara 2 dalam Legal Debate Championship

Reporter: Cindy Shafira Putri/Valeshia Trevana

Suara USU, Medan. Mahasiswa Fakultas Hukum USU kembali mendulang prestasi dengan meraih juara debat pada kompetisi yang diadakan oleh President University Major Association Law. Kompetisi yang bernama Legal Debate Championship ini diselenggarakan pada 25-27 November lalu secara daring.

Dengan bertemakan “Urgensi Harmonisasi Hukum Bisnis untuk Pembangunan Ekonomi di Indonesia”, Jesslyn Elisandra Harefa (2020), Ari Ghazy Putra Asto (2020), dan M. Rafie Akbar (2020) sukses berkompetisi dengan berdiskusi sesama anggota tim.

Sebelum mengikuti lomba, ketiga mahasiswa tersebut telah melakukan persiapan yang matang selama sekitar satu bulan dengan fokus meriset dan mendata apa saja yang diperlukan terkait mosi yang diperdebatkan. Tim delegasi tersebut mengaku, mosi yang diberikan dibedah bersama dengan pembagian fokus secara filosofis, yuridis, dan sosiologis sehingga akhirnya dapat diharmonisasikan ke argumen-argumen yang akan mereka tawarkan ketika debat berlangsung.

Kepada Suara USU, mereka mengaku memiliki sedikit tantangan saat persiapan menuju kompetisi, seperti menyediakan dan menyempatkan waktu bersama anggota tim lainnya untuk berdiskusi. Namun, bagi mereka hambatan dan tantangan yang dilalui saat persiapan lomba tidaklah terlalu berarti. Mereka meyakini bahwa setiap perlombaan tentunya pasti memiliki tantangan tersendiri.

Dalam mengikuti kompetisi ini, mereka memiliki pendapat dan perspektif yang berbeda dalam menyampaikan pemikiran dan argumen masing-masing. Hebatnya, mereka berhasil menemukan sisi yang dapat menyatukan pemikiran yang berbeda tersebut dengan tetap menyediakan waktu untuk meriset secara pribadi sebelum akhirnya didiskusikan bersama. Menurut mereka, dengan bersikeras menekankan satu pendapat ditakutkan akan terjadi tumpang tindih argumen yang dapat menyebabkan inkonsistensi argumentasi tim nantinya.

Di akhir wawancara, Jesslyn beserta tim juga memberikan tips dan trik bagi yang berminat mengikuti kompetisi debat, yakni semangat melakukan riset dan rajin baca peraturan perundang-undangan, jurnal, berita, serta tidak lupa untuk melakukan kolaborasi dengan tim.

Redaktur: Azka Zere Erlthor

Related posts

Tingkatkan Minat Baca Bagi Anak-Anak, PEMA FPsi USU Adakan Donasi Buku

redaksi

HMM Adakan Rapat Kerja, Ini Terobosan Barunya!

redaksi

10 Mei, Perhelatan Pilmapres Tingkat Universitas Dilangsungkan!

redaksi