SUARA USU
Kabar Kampus

Mengenal Calon Ketua baru IMILKOM 2021

Oleh: Valeshia Trevana

Suara USU, MEDAN. Ikatan Mahasiswa S1 Ilmu Komputer (IMILKOM) FASILKOM-TI USU akan melaksanakan pemilihan dan pelantikan ketua baru periode 2021/2022 pada tanggal 24 dan 27 Mei 2021. Adapun ketua yang lulus verifikasi berkas adalah Mohammad Raja Alfachrezi  Dalimunthe 2018 (calon pertama)dan Fauzan Zaman 2018 (calon kedua).

Raja menjelaskan visinya adalah mewujudkan IMILKOM sebagai organisasi yang memiliki keunggulan berupa keaktifan setiap individu, kekeluargaan terhadap sesama, dan profesionalisme terhadap tanggung jawab. Dan misinya yang pertama adalah membangun IMILKOM sebagai wadah kegiatan mahasiswa, penyaluran aspirasi, minat dan bakat serta musyawarah berdasarkan asas kekeluargaan. Misinya yang kedua adalah mampu meningkatkan relas, solidaritas, dan kebersamaan antara civitas akademika dan mahasiswa S1 Ilmu komputer. Yang terakhir, mampu mengoptimalkan fungsi dari setiap departemen dalam segala kegiatan.

Fauzan menjelaskan visinya adalah terwujudnya peran IMILKOM sebagai wadah aspirasi mahasiswa yang menjunjung nilai kekeluargaan dan mampu mengembangkan potensi mahasiswa di bidang akademik maupun non akademik agar menjadikan mahasiswa S1 Ilmu Komputer USU berwawasan dan berintegritas. Dan misinya yang pertama adalah menjadikan IMILKOM sebagai wadah yang dapat menampung, menyalurkan, serta merealisasikan aspirasi Mahasiswa S1 Ilmu Komputer USU. Yang kedua adalah menciptakan lingkungan S1Ilmu Komputer USU yang harmonis dan menjunjung tinggi nilai kekeluargaan dengan memegang teguh sikap mulia. Yang ketiga adalah memfasilitasi, mengakomodasi, serta mengembangkan minat, bakat, dan keilmuan mahasiswa S1 Ilmu Komputer USU melalui pemberdayaan dan pelatihan apresiatif. Dan yang terakhir adalah menjadi penghubung antara mahasiswa dengan civitas akademika lain dalam ruang lingkup S1 Ilmu Komputer USU baik dalam administrasi, birokrasi, dan kebijakan kampus.

Raja mengatakan rencana program kerja yang dipikirkannya sejauh ini ada rumah curhatan untuk mahasiswa Ilmu Komputer, upgrading skill, semangat organisasi, dan source of data. Raja menegaskan bahwa program kerja itu yang terpikirkan olehnya sejauh ini, dan ia juga berencana merundingkan hal ini dengan calon-calon presidium IMILKOM Periode 2021/2022.

Sedang Fauzan mengatakan untuk program kerja yang akan ia buat itu sesuai dengan visi misinya yang pertama yaitu membuat suasana  yang harmonis di jurusan Ilmu Komputer dan membuat hubungan anggota IMlLKOM dan pengurusnya seperti keluarga. Karena, dengan suasana yang seperti itu Fauzan yakin bisa mendongkrak kemauan atau rasa ingin maju agar menjadi lebih baik. Dengan salah satu caranya menjadi penghubung antara civitas akademik agar mahasiswa Ilmu Komputer bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Kemudian, ia berencana untuk melakukan kegiatan dengan memfasilitasi, mengakomodasi, dan mengembangkan bakat dari mahasiswa S1 Ilmu Komputer agar mereka yang bakatnya terpendam bisa terealisasi dengan baik. Agar S1 Ilmu Komputer menjadi jurusan yang memiliki mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi. Fauzan mengatakan untuk kegiatan pasti, ia akan mengadakan acara berbeda dari biasanya, ia mau acara yang dirancangnya sesuai dengan era saat ini. Maka dari itu, ia menggunakan hastag #zamanmenujuperubahan

“Kalau itu sesuai dengan jargon saya, yaitu Solid. Menciptakan kader yang solid dengan memperbanyak kegiatan yang menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam lingkungan S1 Ilmu Komputer. Profesional, melaksanakan progja dengan baik dan bertanggung jawab sesuai dengan kesepakatan bersama. Dan Aktif, tidak hanya sekedar berorganisasi tapi juga berperan aktif dalam setiap kegiatan yang bertujuan meningkatkan skill mahasiwa S1 Ilmu Komputer,” jelas Raja.

Fauzan menyadari bahwa calon pengurus IMILKOM mempunyai ide yang sangat bagus untuk diterapkan di IMILKOM, karena belum lama ini IMILKOM baru melaksanakan suatu pelatihan dimana para pesertanya diminta untuk merancang sebuah program kerja, dan ternyata banyak dari mereka yang memiliki ide cemerlang untuk IMILKOM yang lebih baik kedepannya. Jadi Fauzan ingin mengoptimalkan ide-ide anggota IMILKOM di masa kepimpinannya, karna organisasi yang hebat berasal dari orang-orang yang hebat.

Raja mengatakan untuk sistem kepemimpinannya akan sesuai dengan AD/ART yang tidak mungkin akan sama seperti kepemimpinan IMILKOM sebelumnya. Raja berencana akan memperbaiki hal yang kurang dari ketua sebelumnya lalu menerapkannya di masa kepemimpinannya nanti.

Fauzan menegaskan bahwa ia ingin menerapkan kolektif kolegial bukan hanya presidiumnya saja yang punya andil dalam IMILKOM, tapi seluruh anggota berhak memberikan pendapat dan berkontribusi untuk IMILKOM ke depannya.

“Bisa lebih mengedepankan aspirasi-aspirasi dari mahasiswa S1 Ilmu Komputer dengan lebih baik lagi serta menjadi lebih solid lagi dalam segala hal yang didasari asas kekeluargaan, ” ungkap Mohammad Raja Alfachrezi  Dalimunthe

“Saya harapkan IMILKOM menjadi pembangkit semangat mahasiswa S1 Ilmu komputer agar menjadi mahasiswa mahasiswa yang berguna untuk nusa dan bangsa. Dan Saya juga berharap semoga IMILKOM bisa tetap dan selalu menjadi rumah bagi seluruh mahasiswa S1 Ilmu Komputer dimana IMILKOM menjadi tempat yang nyaman dan aman hingga menimbulkan kenyamanan bagi orang orang di dalamnya,” tutup Fauzan Zaman.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKMI Al-Falak FMIPA USU Sukses Mengadakan GO-MM 2023

redaksi

Ajak Sekolah untuk Hijaukan Lingkungan, Rimbapala Kehutanan USU Adakan Penyuluhan Lingkungan Hidup

redaksi

Orasi Ilmiah pada Dies Natalis Ke-70 Fakultas Hukum USU, Bersama Komitmen Menuju Internasionalisasi

redaksi