SUARA USU
Sosok

Mengenal Kevin Sanjaya, Si Tangan Petir Pemegang Tahta Ganda Putra Dunia

Oleh : Niken Oxana Br Panjaitan

Suara USU, Medan. Nama Kevin Sanjaya sudah tidak asing lagi bagi penggemar cabang olahraga bulutangkis. Pria yang memiliki nama lengkap Kevin Sanjaya Sukamuljo ini adalah seorang atlet bulu tangkis asal Indonesia yang lahir di Banyuwangi pada tanggal 2 Agustus 1995.

Kevin mulai mengenal bulu tangkis sejak usia 2,5 tahun, kemudian di bangku kelas 6 SD, Kevin mulai benar-benar serius menekuni bulu tangkis dengan bergabung di klub PB Sari Agung, Banyuwangi.

Namun siapa sangka perjuangan seorang Kevin Sanjaya ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Pada tahun 2006, Kevin mencoba untuk mengikuti Audisi Umum PB Djarum Kudus, namun gagal. Tak berhenti sampai disitu saja, pada tahun 2007 Kevin kembali mengikuti Audisi Umum PB Djarum Kudus, dan akhirnya dinyatakan lolos dan resmi menjadi bagian dari salah satu klub bulutangkis terbaik di Indonesia.

Di awal merintis karir bersama PB Djarum, Kevin sempat mengalami masa-masa down. Ia yang awalnya bermain di sektor tunggal putra ternyata dianggap kurang memiliki potensi. Sampai akhirnya salah seorang pelatih PB Djarum mengevaluasi pemain tunggal putra dan melihat bahwa Kevin memiliki potensi yang lebih baik untuk bermain di sektor ganda putra.

Setelah dipindahkan menjadi pemain ganda putra di PB Djarum, ternyata skill yang dimiliki Kevin semakin meningkat dan mendapat berbagai prestasi. Hingga pada tahun 2013, Kevin akhirnya terpilih dan lolos seleksi sebagai pemain Pelatnas.

Sebelum dipasangkan di sektor ganda putra, ternyata Kevin Sanjaya pernah terjun ke sektor ganda campuran. Kevin pernah dipasangkan dengan Masita Mahmudin dan Greysia Polii. Sejak 2017, Kevin mulai dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon sebagai perwakilan sektor ganda putra Indonesia.

Berbicara tentang prestasi, pria yang di kenal memiliki tangan petir ini memiliki prestasi yang tak terhitung, mulai dari pemenang ganda putra, pemenang beregu putra, hingga pemenang beregu campuran diraih olehnya. Medali yang diraihnya juga mayoritas emas.

Kevin Sanjaya dikenal dengan permainan yang agresif, cepat, dan full attack. Sekali-kali dipancing oleh lawannya, Kevin tak segan-segan untuk menunjukkan aksi tengilnya. Hal ini pula yang membuat Kevin bersama pasangaannya, Marcus Fernaldi, mendapatkan penghargaan dari BWF sebagai pemain ganda putra nomor 1 terbaik di seluruh dunia.

Redaktur : Valeshia Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Belajar Makna Kewirausahaan Dari M. Iqbal Harefa

redaksi

Mengenal Marcus Fernaldi Gideon, dari Pebulu Tangkis Hingga Pebisnis Sukses

redaksi

Mengenal Sosok J.K Rowling, Penulis Novel Harry Potter yang Ditolak oleh 13 Penerbit 

redaksi